Ngga Perlu Mahal! Ini Cara Bikin Mainan Anak Squishy di Rumah

 

Squishy. Siapa yang tidak tahu si empuk yang sangat lucu ini? Squishy adalah mainan anak yang sedang ngetren selama beberapa tahun terakhir. Squishy yang dalam bahasa Inggris berarti licin ini, merupakan sebuah mainan yang memang difungsikan untuk pereda stres. Squishy dapat diremas remas dan akan tetap kembali ke bentuknya semula. Hal ini lah yang membuat squishy dianggap menjadi pereda stres karena emosinya tersalurkan dengan meremas remas squishy. Salah satu yang jadi favorit adalah squishy slow.

Squishy ini bisanya terbuat dari spons atau busa yang lembut dan empuk. Squishy hadir dalam beragam bentuk seperti makanan, boneka, atau hewan hewan lucu. Mainan ini dapat pula difungsikan sebagai gantungan HP, gantungan kunci, maupun sekedar jadi pajangan di kamar.

Bagi anak Anda atau mungkin Anda sendiri yang menyukai squishy, squishy layak dikoleksi karena bentuknya yang menggemaskan. Selain itu, squishy pun juga berfungsi yang lainnya. Jika Anda memang tertarik, Anda bisa membuat sendiri si busa empuk ini.

Bagaimana cara bikin mainan anak squishy di rumah? Berikut caranya

Squishy slow

Jenis squishy ini memang yang paling banyak ditemui karena paling banyak peminatnya. Bahan yang diperlukan untuk membuat squishy ini adalah spon, sabun bayi, dan air hangat.

Langkah pertama, buatlah pola karakter yang ingin Anda buat. Kemudian, bentuklah busa sesuai pola yang sudah Anda buat pertama kali tadi. Gunakan bantuan gunting atau pisau untuk membentuk spon dengan rapi. Setelah itu, masukkan spon yang telah selesai dibentuk tadi ke air hangat dan gosok gosok dengan sabun bayi. Setelahnya, bilas hingga tidak ada busa yang tertinggal dan bersih. Kemudian Anda bisa menjemurnya di bawah matahari sampai spon sudah benar – benar kering.

Setelah kering, masukkan spon ke dalam plastik gula. Ikat erat hingga tidak ada gelembung udara yang terjebak dalam plastik. Setelah itu, simpan dalam freezer selama minimal semalam dan kemudian keluarkan squishy. Nah, sekarang, squishy yang slow sudah jadi dan bisa digunakan untuk mainan.

Jika dirasa masih kurang slow, cobalah untuk menempelkan double tape di atas permukaan squishy slow hingga semua sisinya rapat agar udara yang di dalam spon tidak cepat keluar. Nah, bagian permukaan yang lengket, bisa ditutup dengan kertas tisu. Setelah itu, Anda dapat mewarnai squishy dengan cat akrilik atau cat air sehingga menjadi karakter yang semakin lucu.

Terakhir, agar wangi, Anda bisa menambahkan parfum atau wewangian lain ke squishy Anda.

Cara membuat squishy dengan lem fox

Cara bikin mainan anak squishy yang lain adalah dengan pakai lem fox. Bahan utama pembuatan squishy ini adalah spons, lem fox, air panas dan pewarna makanan. Langkah pertama, siapkan spons dan kemudian buatlah pola sesuai yang dikehendaki. Setelah itu, gunting spons mengikuti pola yang sudah dibuat.

Langkah ke dua, buatlah adonan menggunakan lem fox yang dicampur air panas hingga terasa agak lembek. Campur rata hingga menjadi sebuah adonan. Nah, setelah itu, oleskan adonan tersebut ke spons yang telah Anda buat pertama kali tadi. Setelah itu spons dijemur hingga kering di bawah sinar matahari.

Setelah lapisan pertama kering, ulangi membuat adonan dengan cara yang sama, namun kali ini diberi pewarna makanan. Bebas boleh menggunakan warna apapun. Setelah itu aplikasikan sesuai dengan keinginan Anda dan setelahnya jemur lagi hingga kering.

Nah, demikian cara membuat squishy sendiri di rumah, mudah bukan? Selamat mencoba!

Referensi : https://review.bukalapak.com/mom/bikin-diy-squishy-di-rumah-ibu-bisa-siapkan-5-bahan-sederhana-ini-38200

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *