Panduan Membeli Sepeda Murah Berkualitas untuk Pemula

Zaman sekarang, sepeda tak lagi hanya menjadi sarana transportasi, tapi juga kerap dijadikan hobi dan gaya hidup tersendiri. Bahkan ada banyak komunitas pecinta gowes yang anggotanya tak hanya terdiri dari masyarakat biasa, tapi juga pejabat dan artis ibu kota. Meningkatnya tren gowes ini turut didukung oleh semakin tersedianya berbagai merek sepeda yang murah di pasaran.

Jadi, kalau kamu baru mau mulai menjajaki hobi ini, tak perlu terlalu khawatir dengan angapan bahwa gowes termasuk hobi mahal. Sepeda premium yang harganya mencapai puluhan juta memang banyak, tapi yang berharga 1-3 jutaan pun ada. Selama jeli memilihnya, kamu bisa mendapatkan sepeda murah berkualitas yang nyaman dipakai. Lalu, bagaimana panduannya agar tak salah pilih?

1. Sesuaikan Jenis dengan Kebutuhan

Yang pertama, kamu tentu perlu memperkirakan tujuan dan kebutuhan pemakaianmu. Apakah kamu akan memakainya untuk jarak dekat atau jauh? Bagaimana kondisi medan yang akan kamu lewati? Apakah kamu lebih mementingkan kecepatan, kenyamanan, atau penampilan?

Semua ini akan mempengaruhi jenis sepeda yang kamu pilih. Mountain bike atau MTB misalnya, memiliki body besar dan kokoh yang cocok digunakan untuk medan naik turun serta jalanan berbatu dan terjal. Adanya shock breaker akan membuatmu tetap nyaman meski melalui medan bergelombang.

MTB sebenarnya bisa juga dipakai di jalanan biasa, namun tak akan secepat road bike yang memang dirancang untuk melaju dengan kecepatan tinggi di jalanan mulus. Sementara itu, kalau kamu mementingkan penampilan, fixie yang minimalis tapi cantik atau sepeda lipat London Taxi yang vintage serta kece bisa jadi pilihan.

2. Pilih Merek yang Sudah Terpercaya

Ada banyak merek sepeda dalam negeri yang sudah teruji kualitasnya. Tiga yang paling utama adalah Polygon, United, dan Wym Cycle. Hanya saja, kualitas yang akan kamu dapatkan tentunya sebanding dengan kocek yang kamu keluarkan.

Kalau kamu ingin mencari alternatif merek yang lebih murah, coba cari yang merek Pacific, Avend, Aviator, Spend, dll. Dengan harga yang sama, mungkin kamu bisa mendapatkan sepeda dengan spesifikasi yang lebih lengkap dibandingkan yang dimiliki tiga merek sebelumnya.

3. Pilih Ukuran Frame yang Tepat

Gowes itu tujuannya menyehatkan, jangan sampai tubuhmu malah jadi sakit karena tak nyaman melakukannya. Untuk itu, pastikan kamu memilih ukuran frame yang sesuai dengan tubuhmu. Biasanya, ketepatan ukuran ini bisa dilihat dari tinggi tubuhmu dan panjang inseam (jarak pangkal paha ke tanah).

Perhatikan juga jangkauan tanganmu ke setang. Sebisa mungkin, sikumu masih bisa menekuk, bukan lurus terus-menerus atau malah tertekan ke dalam. Kalau masih benar-benar pemula dalam dunia gowes-menggowes, jangan pilih setang yang terlalu rendah karena kontrolnya akan lebih sulit. Sebelum membeli, usahakan untuk mencoba beberapa sepeda yang berbeda agar kamu bisa memilih yang benar-benar nyaman.

4. Rajin Cari Referensi atau Ajak Teman yang Lebih Ahli

Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang sepeda impianmu. Kalau perlu, cari review dari orang yang pernah menggunakannya, terutama kalau kamu ingin membeli secara online. Bahkan jika membeli di toko offline pun, sebaiknya kamu juga mengumpulkan banyak informasi.

Pasalnya, kamu bisa saja “diarahkan” untuk membeli sepeda yang lebih mahal. Padahal belum tentu yang lebih mahal itu sebenarnya lebih bagus dari yang kamu pilih sebelumnya. Untuk itu, selain mencari referensi, ada baiknya kamu juga mengajak keluarga atau teman yang lebih ahli dalam dunia persepedaan saat membeli.

5. Bandingkan Harga

Peribahasa Jawa “Ono rego ono rupo” bisa saja tak berlaku jika ada oknum pembeli yang menaikkan harga seenaknya. Untuk itu, ada baiknya kamu membandingkan harga di beberapa tempat sebelum memutuskan membeli. Kalau nggak enak bertanya langsung pada empunya toko, manfaatkan internet. Kalau perlu, cek harganya di website resmi masing-masing merek.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *