Penting Untuk Anda Ketahui, 7 Alat Kebersihan ini Wajib Tersedia di Rumah

Membersihkan rumah merupakan sebuah rutinitas yang tidak boleh dilewatkan, bahkan walau hanya dalam sehari. Pasalnya, menjaga kebersihan rumah adalah salah satu bentuk dalam mewujudkan ciri rumah sehat. Sayangnya, bagi sebagian orang menganggap jika menjaga rumah agar tetap bersih adalah perkara yang sulit. Padahal sebenarnya tidak selama perlengkapan kebersihan yang ada di rumah Anda lengkap dan memadai.

Penting Untuk Anda Ketahui, 7 Alat Kebersihan ini Wajib Tersedia di Rumah

Namun, alat kebersihan apa saja kah yang wajib ada agar kebersihan rumah tetap terjaga? Berikut ulasan lengkapnya.

Sikat

Alat kebersihan pertama yang harus ada di dalam rumah Anda adalah Sikat yang bersifat multifungsi sehingga dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis benda. Namun, yang perlu Anda ketahui jika sikat memiliki bentuk yang beragam, ada sikat yang tidak bertangkai, sikat bertangkai pendek dan sikat bertangkai panjang. Ragam sikat yang bervariasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contohnya, sikat bertangkai panjang yang berfungsi untuk menyikat lantai dan tangkainya yang panjang tentunya tidak akan membuat Anda pegal. Namun, kekurangan sikat bertangkai panjang ini adalah sulit menjangkau bagian sudut rumah. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sikat tanpa tangkai agar bisa menjangkau sudut-sudut kecil. Hanya saja sikat tanpa tangkai ini membuat Anda pegal karena harus berjongkok saat menggunakannya. Maka dari itu, disarankan untuk membeli semua jenis sikat, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat membersihkan rumah.

Sikat gigi

Selain berfungsi untuk membersihkan gigi, sikat gigi juga bisa membantu Anda saat ingin membersihkan bagian yang lebih spesifik di rumah, misalnya sela-sela keramik atau wastafel. Bentuk sikat gigi yang kecil ini memudahkan Anda untuk menyikat sudut-sudut tersembunyi.

Kain Lap

Alat kebersihan selanjutnya yang harus ada di rumah adalah kain lap. Benda ini sangat berguna untuk membersihkan berbagai jenis perabotan, seperti perabot elektronik, kursi, pajangan dinding dan lain sebagainya. Penggunaan lap juga tidak boleh sembarangan, sebaiknya pilih kain lap yang berbahan katun yang tidak mudah sobek. Lap microfiber juga bisa menjadi pilihan, Karena bahannya yang terbuat dari polyster dan nylon bisa membuat kain lap Anda menjadi awet dan tentunya bisa membersihkan kotoran secara lebih maksimal jika dibandingkan dengan lap biasa.

Spons

Bagian rumah yang paling rentan kotor adalah dapur. Oleh karena itu, Anda membutuhkan alat kebersihan khusus seperti spons untuk mencuci piring dan perabotan lainnya. Spons memiliki dua permukaan, yakni permukaan kasar dan permukaan yang halus. Biasanya permukaan spons yang lebih kasar digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel, seperti kerak pada panci atau lumut yang menempel pada permukaan gayung.

Kemoceng

Rasanya hampir semua orang tahun fungsi dari alat kebersihan ini. Kemoceng pada umumnya berasal dari bulu ayam yang digunakan untuk membersihkan debu yang terdapat di meja, atas lemari, terutama di tempat-tempat yang dekat dengan ventilasi udara.

Sapu dan pengki

Untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di lantai rumah, tentunya Anda membutuhkan sapu yang terbuat dari ijuk. Namun, pada produksi sapu modern, bahan utama sapu bukan terbuat dari ijuk melainkan olahan plastik yang dibuat mirip rambut sapu.

Penyedot Debu

Alat kebersihan lain yang tak kalah penting adalah alat penyedot debu. Alat ini memiliki banyak fungsi, selain bisa digunakan untuk menyedot debu pada karpet, alat ini juga dapat membersihkan debu yang menempel pada perabot yang berbahan dasar kain, seperti sofa dan tempat tidur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *