Perhatikan 4 Tips Aman Paralayang Berikut Supaya Minim Resiko

Suka dengan olahraga ekstrim? Kalau memang suka maka cobalah kegiatan paralayang yang memang menantang adrenalin siapa saja yang menikmatinya. Terjun bebas di tempat yang tinggi ini memang menjadi aktifitas favorit bagi mereka yang mengaku berani dan punya nyali. Bahkan sudah menjadi jenis olahraga bertaraf internasional dan sudah ada kejuaraannya, meskipun penikmatnya sendiri memang terbatas. Sebab tidak semua orang dinyatakan aman dan cocok untuk melakukannya mengingat dilakukan dengan terjun dari atas bukit ke kawasan landai di bawahnya.

Tips Aman Menikmati Olahraga Ekstrim Ini

Sebagai salah satu pilihan olahraga ekstrim tentu sejak awal penikmatnya sudah menyadari beragam resiko yang mungkin terjadi. Baik bagi pemula maupun yang sudah expert penting sekali untuk memperhatikan keamanan diri, berikut tips aman yang bisa diterapkan:

Kenakan pakaian yang mendukung,

Sebagai olahraga ekstrim yang menuntut pelakunya untuk terjun bebas di ketinggian sudah tentu memerlukan busana yang tepat. Jangan asal pakai baju disini kalau memang mau aman, usahakan memakai baju yang simpel namun tetap hangat, kaos lengan panjang bisa dijadikan pilihan. Sebab ketika melayang dijamin diterpa angin dan Anda tentu tidak ingin masuk angin bukan?

Gunakan sepatu boot berpotongan tinggi,

Untuk menjaga keselamatan kaki maka penting memakai sepatu berpotongan tinggi khususnya model boots. Mengapa? Sebab bisa jadi saat melakukan pendaratan Anda tidak akan berdiri tegak melainkan bokong atau lutut ditekuk terlebih dahulu. Tentunya tidak pasti karena pendaratan saat melakukan paralayang perlu disesuaikan dengan kondisi, begitu pula saat hendak lepas landas. Kalau memakai sepatu setumit maka ada kemungkinan kaki terluka padahal butuh kaki yang kuat.

Pastikan perlengkapan terpasang dan kondisinya baik,

Sebelum terjun ke area lepas landas yang dianggap sesuai, usahakan memeriksa kembali perlengkapan yang dipakai. Pastikan terpasang dengan benar untuk menghindari kemungkinan ada beberapa perlengkapan yang terjatuh atau rusak saat di udara. Kemudian cek kondisinya juga apakah memang baik dan layak dipakai atau malah sudah rusak. Teliti dalam memperhatikan perlengkapan yang dipakai membuat olahraga ekstrim ini jauh lebih aman untuk dinikmati. Mencari kesenangan boleh namun jangan teledor agar tidak menjadi pengalaman terakhir.

Baca Juga : BERITA UPDATE UNTUK PARA BACKPAKER

Wajib tidak takut ketinggian,

Menikmati olahraga ini akan kurang maksimal kalau Anda ternyata phobia terhadap ketinggian, karena dijamin tidak akan mau mencoba terjun. Padahal untuk bisa disebut melakukan olahraga ini maka perlu lepas landas. Padahal kalau mau olahraga ini malah bisa menjadi terapi untuk menghapus phobia tersebut sehingga ke depannya bisa lebih leluasa dalam menikmati olahraga menantang. Tidak hanya mencoba sensasi dari paralayang saja melainkan olahraga lain seperti surfing, arum jeram, dan jenis lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *