Perkembangan Teknologi yang Menjanjikan Untuk Kehidupan Manusia

Berbicara mengenai perkembangan teknologi seolah tak ada habisnya. Seiring berjalannya waktu, pasti selalu ada perkembangan teknologi yang mutakhir dalam membantu meringankan setiap tugas manusia. Hal inilah yang mendorong persaingan berbagai perusahaan teknologi dalam membuat suatu perubahan besar.

Perkembangan Teknologi yang Menjanjikan Untuk Kehidupan Manusia

Sebagai penikmat teknologi, yang bisa kita lakukan hanyalah melihat bagaimana hasil yang telah mereka ciptakan bekerja. Jika teknologi yang mereka ciptakan sukses besar dalam menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik, maka mereka akan memperoleh keuntungan yang tidak sedikit. Dalam ulasan ini, akan membahas mengenai perkembangan teknologi yang sukses menyita perhatian publik.

Teknologi scan iris pada kebanyakan smartphone

Fingerprint scanner pada handphone Anda mungkin saja sudah mulai ditinggalkan karena munculnya teknologi yang lebih terbaru, yakni teknologi iris scanner. Perkembangan teknologi ini disebut-sebut mampu memberikan keamanan 10 kali lebih baik disbanding dengan fingerprint scanner. Tak heran jika teknologi ini sukses menarik perhatian para perusahaan pembuat smartphone.

Jika nantinya iris scanner ini bisa memberikan kemampuan dan kemudahan yang lebih baik dan melebihi kemampuan yang ada pada fingerprint scanner, maka fungsi teknologi ini akan diperluas dan mulai diterapkan pada absensi sekolah atau kantor, dan menariknya lagi teknologi ini juga dapatkan digunakan untuk log in akun tertentu serta melakukan pembayaran. Melihat kegunaan teknologi ini yang memiliki peran besar dalam kehidupan manusia, maka dapat dipastikan jika teknologi iris scanner sudah bisa diaplikasikan dalam beberapa tahun lagi.

VR & AR

Sekarang sudah banyak ponsel yang sudah dilengkapi dengan sensor gyroscope untuk mendukung penggunaan VR dan AR. Perkembangan teknologi VR  (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) memang terbilang baru, maka tak heran jika teknologi ini masih belum sempurna penerapannya.

Penggunaanya VR dan AR bisa diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Misalnya di beberapa museum dunia sudah menerapkan teknologi ini dengan dukungan Google untuk menciptakan suasana seolah-olah benda fosil yang ada di Museium tersebut hidup kembali layaknya pada zaman purba. Tak heran jika teknologi ini menjadi buruan banyak orang karena menawarkan suatu sensasi dan pengalaman yang begitu seru. Teknologi ini diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2021 nanti.

Teknologi pengganti smartphone

Rasanya di era modern seperti sekarang ini, smartphone menjadi teknologi yang tak bisa tergantikan oleh apapun, mengingat peranannya yang begitu penting untuk menunjang aktivitas keseharian dan juga menjadi sarana hiburan manusia. Hal inilah yang membuat perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan kecanggihan demi kecanggihan yang dikemas dalam bentuk smartphone.

Namun, eksistensi smartphone kini mulai terancam dengan adanya perkembangan teknologi terbaru pengganti smartphone. Bentuknya pun lebih sederhana, yakni hanya berbentuk gelang. Teknologi gelang tersebut mampu menampilkan layar di kulit penggunanya. Boleh dibilang layar tersebut sifatnya portable sehingga bisa digunakan di permukaan apapun termasuk di kulit manusia. Jadi, jangan bayangkan teknologi ini sama dengan smartwatch yang kini sudah banyak diproduksi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *