Perkenalkan Sang Penantang NmaX, All New PCX 150

Empuk langsung menjadi karakter yang mencirikan motor ini. Karena begitu kita naik ke atas joknya terus kita berkendara sedikit, maka shock breaker depan langsung berasa empuk. Suspensi depan ini sangat nyaman dan smooth ketika terkena polisi tidur, atau jalanan jelek. Rasanya ini suspensinya nyaman sekali. Apalagi ketika dicoba untuk rem, maka kedua tuasnya ini enteng namun pakem, plus depan belakang cakram pula. Apabila kita bandingkan dengan shock belakang, ia akan terasa lebih keras. Tapi jika kita berboncengan maka akan terasa lebih empuk. Hal ini dikarenakan tidak ada adjustment untuk shock belakang. Dan shock belakang sepertinya memang sudah di-setting untuk berboncengan, bukan untuk riding sendirian. Dari segi joknya, sebenarnya busa jok ini tidak terlalu empuk, tapi kulit pelapis jok nya ini terasa lentur sekali sehingga membuat feel kita ketika duduk di Honda PCX 150 ini terasa nikmat. Sayangnya, kulit tersebut, ketika mengerem terlalu keras jadi turun ke bawah. Dan enaknya, jok ini berkontur sehingga untuk yang dibonceng ini posisinya lebih tinggi.

Kenyamanan Ada di Genggaman

Pada segi performa, memang nama “All New” di sini dijabarkan Honda bahwa banyak sekali perubahan yang dilakukan pada mesinnya. Karena sekarang mesinnya mempunyai kapasitas lebih kecil dibanding motor PCX 150 sebelumnya. Lalu, apabila dibandingkan dengan Vario, basis mesinnya sama, karena menggunakan CC yang sama. Tetapi Honda menyebutkan bahwa banyak komponen di dalam jeroan ini yang berbeda sehingga mesin ini mempunyai tenaga yang lebih besar, yaitu 14,4 daya kuda atau lebih besar 2 daya kuda dibanding Vario.

Mesinnya terasa halus apabila kita berkendara, baik getaran yang dihasilkan pada mesin maupun pergerakan gearbox CVT nya. Jujur masih terasa sedikit bergetar pada sedikit angkatan awal, tapi setelah itu terasa halus bahkan dari segi tarikan. Untuk urusan akselerasi sampai 60 km/jam dari diam adalah 6,3 detik, memang tidak sekuat rivalnya, yaitu Nmax yang lebih cepat hampir satu detik. Namun, tarikan terasa biasa saja ketika kecepatan dikembangkan cukup lama, yaitu 22 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Asyiknya, konsumsi bahan bakar PCX 150 ini irit banget! Dalam satu liternya, PCX mampu melaju 50,1 km untuk berjalan di dalam kota dengan metode econoride.

Futuristik dan Kecanggihan

Kata kedua yang kami dapatkan adalah kesan canggih, satu hal yang membuat PCX ini sangat canggih adalah sistem chillers-nya, di mana kalian ga akan mendapatkan kunci, akan tetapi kalian akan mendapatkan remote dan sepasang kunci manual untuk kondisi darurat. Kalian juga akan mendapatkan kertas berisi barcode yang akan berguna untuk membuat kunci cadangan, di mana kunci cadangan tersebut Anda bisa membelinya di dealer Honda seharga sembilan ratus ribu rupiah.

Untuk menghidupkan motor, tekan tombol kunci sampai lampu kunci berubah dari merah ke hijau. Setelah itu, apabila ingin menghidupkan motor maka tinggal melanjutkan menekan tombol on/off di motor, begitu lampu menyala maka kalian bisa putar tombolnya. Jika ingin menghidupkan mesin maka kalian perlu menekan tuas rem kiri agak dalam. Menonaktifkan motor ini juga ada beberapa cara, setelah tombol kontak diputar ke posisi off, Anda bisa menekan tombolnya untuk menonaktifkan sistem chilers. Selain itu, Anda juga bisa mendiamkan selama 20 detik, maka sistem akan otomatis mematikannya. Dan cara ketiga adalah Anda bisa menjauh pada radius 2 meter, maka sistem akan otomatis juga menonaktifkannya. Terakhir dan paling direkomendasika Honda adalah dengan menekan tombol bergambar motor di remote-nya. Remote ini juga mempunyai sistem bike finder yang akan bekerja pada radius 200 meter.

Ya, itu dia pembahasan si canggih yang satu ini, selain nyaman, irit, juga futuristik.

Sumber gambar: duckduckgo.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *