Pernah Ke Jawa Barat? Tahu Tentang Permainan Asli Jawa Barat? Berikut Mainan Tradisional yang Terkenal di Daerah Jawa Barat hingga Kini

Indonesia terkenal memiliki beberapa daerah dengan keunikan dan ciri khas yang membuat orang merasa terpukau. Hal ini yang terdapat di daratan kota pasundan yaitu Jawa barat. Terkenal dengan berbagai macam keindahan dan panorama yang memuka membuat daerah jawa barat menjadi salah satu destinasi dalam berkunjung bagi para pelancong. Terutama mainan tradisional yang berasal dari jawa barat beraneka ragam hingga bermacam-macam. Pada zaman dulu, anak-anak masing sering memainkan permainan tradisional bersama temannya sebelum teknologi hadir. Terdapat berbagai macam jenis permaninan dan memiliki cara tersendiri dalam menggunakannya. Mungkin anak millennial akan bingung ketika disuruh untuk melakukan permainan tradisional di tengah menjamurnya teknologi seperti smartphone. Sebenarnya harus ada peran dari orang tua untuk mengenalkan kepada generasi selanjutnya. Untuk itu, berikut beberapa macam-macam mainan tradisional yang dapat kalian mainkan dirumah bersama teman atau keluarga dekat anda.

Pernah Ke Jawa Barat? Tahu Tentang Permainan Asli Jawa Barat? Berikut Mainan Tradisional yang Terkenal di Daerah Jawa Barat hingga Kini

 

  1. Cingciripit, salah satu mainan tradisional yang dilakukan beregu/kelompok dalam memainkannya. Cara memainkannya dengan membuat lingkaran, lalu salah satu diantara pemain biasanya orang yang lebih dewasa membuka telapak tangannya, lalu menaruh ujung jari telunjuknya diatas tangan tersebut dengan diiringi nyanyian lagu “cingciripit”. Ketika lirik telah berakhir, para pemainnya harus bersiaga untuk melepaskan jarinya, sebabnya jika jari terjepit maka akan dia akan disuruh jaga dan bertugas sebagai kucing.
  2. Oray-orayan (ular-ularan), permainan yang sangat menyenangkan dan menggabungkan unsure gerakan dan suara, permainan ini termasuk kedalam permainan berkelompok. Untuk dapat memainkannya, dalam permainan ada dituntut membuat dua tim. Satu tim berisikan 2 orang dan satunya lagi berisikan banyak orang. Dua orang ini, dituntut untuk memegang tangannya dan sisanya dituntut untuk membuat barisan seperti ular.
  3. Boy-Boyan, permainan yang menggunakan bola kasti (bola kecil) dan genteng pecah yang terbagi menjadi 9-15 buah. Permainan ini biasanya dimainkan dua orang tim. Cara untuk memainkannya adalah pertama siapkan genteng-genteng kecil yang disusun keatas, tugas dari kedua tim adalah tim A sebagai pelempar bola dan tim B sebagai penjaga tumpukan genteng. Tim A dituntut untuk dapat merubuhkan genteng sedangkan tim B menjaga tumpukan agar tetap tersusun dan tidak tercerai berai terkena lemparan dari tim A.
  4. Galah Asin, mainan yang satu ini biasanya dimainkan di lapangan badminton atau lapangan lainnya, dengan cara membuat garis di lapangan dengan bentuk seperti lemari dan anak-anak yang bermain harus berlari dan tidak boleh tersentuh oleh tim lawan. Dalam permainan ini, tim dibagi menjadi 2, salah satu tim sebagai penjaga agar tim lawan tidak bisa melewati mereka dan satu tim lainnya sebagai orang yang berusaha untuk dapat melewati musuh.

Demikian tadi beberapa mainan tradisional yang dapat kalian coba sendiri dirumah atau sekali-kali berkunjung ke daerah jawa barat untuk dapat melihat langsung permainan tersebut. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *