PRODUKSI MOBIL BUATAN INDONESIA YANG MENDUNIA

Di dunia maya beredar berbagai macam prediksi harga mobil Esemka, karena telah beredar kabar bahwa mobil-mobil dari merk Esemka telah siap produksi. Seperti yang dilansir oleh laman otoasia.com, terdapat 8 tipe mobil dengan kisaran harga 60 hinga 150 juta Rupiah.

 

 

Mobil Esemka terbaru  menjadi mobil yang ditunggu-tunggu karena mobil tersebut merupakan mobil yang digadang-gadang akan menjadi mobil nasional, seperti Malaysia dengan produk mobil Protonnya.

Mobil ini menjadi terkenal karena dipopulerkan oleh Presiden Jokowi dengan mengedepan narasi  bahwa mobil tersebut merupakan asli karya anak bangsa, khususnya anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Selain diharapkan dapat bersaing di pasar mobil dalam negeri, mobil Esemka juga diproyeksikan menjadi mobil yang mampu bersaing di pasar Internasional, terutama karena harga jual yang murah. Namun, apakah mungkin mewujudkan mimpi memproduksi mobil buatan indonesia yang mendunia?

Sebelum berusaha mewujudkan hal tersebut, baiknya menyelisik kembali mobil-mobil nasional yang pernah dibuat dan bagaimana kabarnya sekarang. Berikut 3 contoh mobil  buatan Indonesia.

 

Mobil Timor

 

Mobil Timor merupakan mobil nasional yang berkembang pada zaman Presiden Soerharto, tepatnya sekitar tahun 1990-an. Kata ‘Timor’ merupakan singkatan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat.

Mobil ini diproduksi oleh PT Timor Putra Nasional (PT TPN) milik Tommy Soeharto. Mobil ini dikeluarkan seiring instruksi melalui Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 1996 , agar Kementrian Perindustrian dan Perdagangan membuat industri mobil nasional.

Mobil ini dijual dengan harga lebih rendah dari merk mobil lainnya, karena dibebaskan dari bea masuk dan pajak. Hal tersebut dilakukan dengan syarat mobil Timor memakai komponen-komponen yang semuanya 100% buatan Indonesia.

Mobil ini memang tidak dikenal lagi, terutama untuk generasi yang lahir pada tahun 2000-an. Hal tersebut terjadi karena mobil ini berhenti diproduksi pada tahun 1998, karena krisis ekonomi yang terjadi dan seiring lengsernya kekuasaan Soeharto.

 

Mobil Marlip

 

Mobil Marlip merupakan mobil buatan Indonesia yang tidak memakai bahan bakar bensin atau solar, melainkan listrik. Mobil tersebut merupakan produksi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2002.

Kata Marlip merupakan singkatan dari Marmut Listrik LIPI. Mobil ini diciptakan bertenaga listrik karena bertujuan untuk mencari alat transportasi yang dapat menjadi solusi di tengah krisis energi di Indonesia.

Meski memiliki tujuan yang ambisius, mobil ini faktanya hanya mampu difunakan di tempat-tempat kecil seperti lapangan golf, tempat wisata, area perkantoran, area pabrik, dan rumah sakit.

 

Mobil Mahesa

 

Mobil Mahesa merupakan mobil buatan Sukiyat, yaitu orang yang juga turut dalam mengembangkan prototipe mobil Esemka. Nama Mahesa ia ambil dari bahasa Jawa Kuno, yang berarti Kerbau, yaitu hewan yang penting dalam pertanian.

Ya, mobil Mahesa adalah mobil yang diciptakan untuk menjadi kendaraan yang dapat bermanfaat bagi desa yang mengembangkan usaha agrikultur. Oleh sebab itu, nama Mahsa juga merupakan kepanjangan dari Moda Angkutan Hemat Desa

Mobil Mahesa diproyeksikan tidak hanya menjadi alat transportasi. Dengan dukungan mesin diesel 650 cc, kendaraan tersebut dirancang multifungsi dapat membantu memompa air dan mesin perontok padi.

Selain itu, bagian belakang mobil yang diberi ruang besar, kendaraan tersebut  diharapkan mampu membawa hasil panen hingga 900 Kg.

Mobil ini masih dalam tahap pengembangan dan racangannya telah mask ke Menteri Peindustrian.

 

Mobil-mobil buatan Indonesia di atas memang tidak semewah mobil-mobil buatan Eropa, namun sangat fungsional dan dapat berguna bagi negara-negara berkembang. Oleh sebab itu, bukan hal yang  mustahil Indonesia mampu menciptakan mobil yang mendunia.

 

Sumber Gambar:

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=http%3A%2F%2F3.bp.blogspot.com%2F-8SrSMaawrVM%2FTxMKGrqrwrI%2FAAAAAAAABDs%2FIiEFuZHUJW0%2Fs1600%2Fluxury-Mobil-Esemka-2012.jpg&f=1

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b2/Timor_S515_sedan_%282007-07-09%29_02.jpg

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=http%3A%2F%2F2.bp.blogspot.com%2F-COBnlc1c4Zk%2FTwknzRLAF4I%2FAAAAAAAAKiU%2F-3ikLiPRdO8%2Fs1600%2Fimage_4.jpg&f=1

https://proxy.duckduckgo.com/iu/?u=https%3A%2F%2Fstatic2.sewarga.com%2Fwp-content%2Fuploads%2F2017%2F09%2F750x500-pencipta-mobil-mahesa-ingin-produksi-massal-ini-tanggapan-jokowi-1709200-1.jpg&f=1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *