Punya Tanaman Anggrek dirumah? Binggung merawatnya? Berikut Tips Merawat Tanaman Anggrek agar Selalu Berbunga Setiap Waktu hingga jenis-jenisnya

Memiliki hobi merawat tanaman merupakan hobi yang sangat diminati oleh para kaum hawa meskipun tidak menutup kemungkinan para adam menggelutinya. Namun, terkadang dalam mearawat jenis bunga tertentu tidak semudah kelihatannya. Terdapat beberapa kendala yang harus di perhatikan jika anda memiliki hobi yang satu ini. Apalagi kalian yang memiliki jenis tamanan bernama Anggrek cocok sekali untuk menyimak yang beberapa tips yang akan dipaparkan dalam artikel kali ini. Anggrek sendiri termasuk kedalam tanaman hias bunga. Anggrek bisa terdapat pada hutan yang memiliki intensitas suasana gelap seperti batu karang, lereng terbuka, bebatuan di daerah pantai dengan pasang surut tinggi.

Punya Tanaman Anggrek dirumah? Binggung merawatnya? Berikut Tips Merawat Tanaman Anggrek agar Selalu Berbunga Setiap Waktu hingga jenis-jenisnya

  1. Jenis Bunga Anggrek, terkenal memiliki banyak sekali spesies yang ketimbang bunga lainnya. Banyak para peneliti tumbuhan menyakinin bahwa anggrek memiliki lebih dari 25.000 spesies yang telah tersebar di dunia. Namun, kini telah banyak berkurang karena kerusakan hutan dan tidak dapat ditemukan keberadaannya lagi. Indonesia yang terkenal dengan kekayaan anggrek yang lebih dari 4000 spesies anggrek yang tersebar hampir di seluruh indonesia. Jenis paphiopedilum, dendrobium, bullbophyllum, dll.
  2. Cahaya Matahari, tips dalam merawat anggrek ialah dengan memerhatikan intensitas cahaya matahari. Cahaya matahari sangatlah penting bagi pertumbuhan anggrek. Cahaya matahari sendiri berguna menjadi sumber dari energi dalam fotosintesis. Selain itu, cahaya matahari  juga berfungsi dalam membentuk atau memperbaiki bagian tanaman yang rusak dan menyimpan cadangan makanan.
  3. Ketinggian Tempat, ingin mendapatkan hasil bunga yang menakjubkan dalam merawat anggrek adalah prihal ketinggian tempaynya. Pada umumnya, anggrek lebih baik di tanam di daerah tropis seperti di indonesia. Untuk itu, anggrek di bagi menjadi 3 golongan, yaitu:
    1. Anggrek yang tumbuh baik di dataran tinggi, anggrek yang tmbuh baik di dataran tinggi ialah Cymbidium, Miltonia, dan Paphiopedilum.
    2. Anggrek yang tumbuh baik di dataran sedang seperti, anggrek yang tumbuh baik di dataran sedang ini merupakan Dendrobium, Cattleya, Phalaenopsis, dan Onchidium.
    3. Anggrek yang tumbuh baik di dataran rendah,. anggrek jenis ini diantaranya yaitu Arachnis, Renanthera, dan Vanda.
  4. Sirkulasi Udara, selanjutnya yaitu sirkulasi udara yang baik agar dalam merawat tanaman anggrek lebih optimal dalam berbunga. Udara yang baik bagi anggrek adalah udara yang berembus dengan lembut secara perlahan dan terus-menerus (angin sepoy-sepoy). Hal ini berfungsi untuk pergantian di bagian daun dan akar. Jika sirkulasi udara terlalu kencang, maka berakibat air pada permukaan daun dan akar mudah terbawa hembusan udara.

Demikian tadi beberapa tips merawat tanaman anggrek agar selalu berbunga setiap waktu  hingga jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang memiliki hobi ini dan selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *