Ragam Khasiat dari Penggunaan Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu merupakan cairan yang menyerupai sirup dan lebih kental dan terasa manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga dari nektar bunga. Rasa manis yang dihasilkan ini disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dan rasa manisnya hampir sama dengan glula. Madu memiliki nilai nutrisi per 100 gram dengan energi, karbohidrat, lemak, protein, air, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin C, kalsium, besi dan masih banyak lagi. Kekentalan dari cairan ini 1,36 kg per liter dan lebih kental dari air. Untuk mendapatkan cairan dari lebah dari jenis Apis dorsata yang terdapat pada Indonesia, Filipina, India, Nepal dan wilayah lain di Asia.

Ragam Khasiat dari Penggunaan Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Berikut adalah manfaatnya untuk kesehatan diantaranya: 

  • Menghilangkan batuk untuk anak-anak berdasarkan studi dari Penn State College of Medicine karena adanya Dekstrometorfan untuk menenangkan batuk pada malam hari.
  • Mencegah kanker dan penyakit jantung karena mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi resiko penyakit kanker dan penyakit jantung.
  • Meningkatkan daya ingat, untuk wanita menopause dan mengonsumsi 20 gr madu per hari akan memberi peningkatan pada daya ingat jangka pendek.
  • Sumber nutrisi yang lengkap dan memberi manfaat cukup signifikan untuk memberi zat pada tubuh dalam jangka pendek mau panjang.

Selain beberapa diatas, cairan ini juga digunakan untuk menghilangkan luka dan tetap menjaga luka dalam keadaan steril. Menurut NYU Langone Medical Center madu yang diminum langsung akan membatasi keracunan dan mengurangi kadar alkohol dalam tubuh dengan cepat. Dapat juga menghilangkan energi karena madu memiliki efek anti inflamasi dan jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen akan memerangi reaksi alergi. 

Berikut adalah manfaatnya untuk kecantikan diantaranya: 

  • Dapat melembabkan wajah dengan mengoleskannya pada seluruh wajah dalam waktu 10 menit kemudian membilasnya dengan air hangat.
  • Memutihkan kulit wajah dengan mencapuri cairan ini dengan almond, air lemon dan oatmeal lalu mengoleskannya pada wajah dalam waktu 10 menit.
  • Menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat dengan mengoleskannya pada bagian jerawat dan didiamkan selama 2 hingga 3 jam.
  • Membersihkan wajah dengan mencampurkannya dengan putih telur, gliserin lalu mengoleskannya ke bagian wajah hingga ke leher.
  • Mencegah penuaan pada kulit wajah dengan mencampurkannya dengan air lemon dan mengoleskannya pada wajah dalam waktu 10 hingga 15 menit.

Selain beberapa diatas, dapat juga mengecilkan pori-pori kulit wajah dengan mencampurkannya dengan susu bubuk dan oatmeal lalu mengoleskannya pada wajah hingga 15 menit. Dapat juga mengobati bibir kering dengan mengoleskan cairan dalam keadaan hangat pada bibir hingga 30 menit dan sekaligus juga dapat memerahkan bibir. Beberapa manfaat dari madu ini dapat memberi efek bagi tubuh dari luar dan dalam dengan sangat baik.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *