Ragam Makanan Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara di Asia

Saat liburan ke luar negeri, kuliner merupakan hal yang tak boleh terlewatkan selain objek wisata. Jika pernah berlibur ke Korea Selatan, tentunya menu makanan seperti Kimchi, Sushi, Ramen, hingga Tom Yum pastinya sudah familiar di telinga Anda. Namun, rupanya masih banyak lagi makanan khas dari negara-negara lain yang alih-alih akan menambah nafsu makan justru akan membuat Anda bergidik karena keanehannya. Berikut ulasanan makanan unik yang khas dari berbagai negara.

Ragam Makanan Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara di Asia

Ah Ping dari Kamboja

Kamboja dikenal sebagai negara yang memiliki ribuan kuliner aneh. Salah satu makanan unik dari negara yang terkenal dengan Angkor Wat-nya ini adalah Tarantula yang dikonsumsi sebagai cemilan. Masyarakat Kamboja menyebut kuliner ini dengan sebutan Ah Ping. Ah Ping ini biasanya disajikan dengan digoreng setelah bumbu dan penyedap rasa.

Masyarakat setempat percaya jika mengkonsumsi Tarantula bisa mengobati sakit punggung dan saluran pernapasan pada anak-anak. Kuliner ini paling banyak diteumi di provinsi Kampong Cham, tepatnya di Kota Skuon.

Beondegi  dari Korea

Umumnya orang mengetahui kuliner khas negara Korea Selatan adalah Kimchi dan Topokki. Namun, ternyata Korea juga memiliki makanan unik yakni Beondegi. Kuliner aneh ini terbuat dari pupa atau ulat sutra yang dibumbui dan direbus dan disajikan sebagai cemilan.

Betamax dari Filipina

Jika Anda berlibur ke negara Filipina, jangan lupa menyempatkan untuk mencicipi makanan unik khasnya, yakini Betamax. Makanan unik asal negera yang dikenal dengan Pantai Pupa-nya ini terbuat dari darah ayam atau bebek. Betamax biasanya diolah dengan cara didinginkan terlebih dahulu. Baru setelah teksturnya mengeras,  kemudian ditusuk seperti sate dan dibakar.

Shirako dari Jepang

Jika Anda pencinta makanan khas Jepang tentunya sudah tidak asing lagi dengan Caviar yang berasal dari telur ikan. Namun, ternyata masyarakat Jepang tidak berhenti pada olahan telur ikan saja. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan memanfaatkan sperma ikan Cod dan menjadikannya bahan panganan yang disebut Shirako. Cara pengolahan Shirako pun beragam, bisa digoreng ataupun bisa dijadikan topping penambah sajian berkuah, seperti Chawan Mushi.

Balut dari Filipina

Satu lagi makanan unik khas Filipina, yakni Balut. Jika Anda pernah melihat kuliner yang satu ini, mungkin lebih tepat menyebutnya sebagai makanan yang cukup menyeramkan. Bagaimana tidak, kuliner ini terbuat dari telur bebek yang hanya boleh disantap sebelum usianya lebih dari 12 hari setelah dikeluarkan oleh induk bebek. Masyarakat setempat biasa mengkonsumsinya secara mentah dengan tambahan garam atau lada sebagai penyedap rasa.

Meski termasuk makanan rendah kalori, namun Balut tidak disarankan untuk mereka penderita kolestrol tinggi karena kuliner ini mengandung 619 mg kolestrol per-butirnya.

Hachinoko dari Jepang

Hachinoko adalah makanan unik asal Jepang namun memilik protein tinggi hingga 16,2 gram protein dalam 100 gramnya. Mengandung protein tinggi karena panganan ini berbahan dasar larva dari lebah. Cara menyantap camilan goring ini yaitu dengan nasi dan tambahan kecap dan gula.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *