Rambut Rontok Berlebihan? Ketahui Penyebab Rambut Rontok Parah Berikut Ini!

Kehilangan helai demi helai rambut tiap hari merupakan hal yang normal. Akan tetapi apabila rambut Anda mengalami kerontokan yang lebih dari 100 helai tiap harinya, maka Anda harus waspada karena tengah mengalami kerontokan berlebih. Rambut yang memiliki kerontokan berlebih akan menyebabkan pertumbuhan rambut terganggu, bahkan terhenti. Lebih dari itu, Anda akan kehilangan banyak rambut hingga mengalami kebotakan apabila kerontokan rambut tersebut tidak segera ditangani dengan tepat. Dalam mengatasi rambut rontok berlebih, Anda harus mengetahui hal-hal berikut:

Penyebab rambut rontok sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari kekurangan zat besi, perubahan hormon dalam tubuh, kulit kepala bermasalah, perawatan rambut tidak sesuai, hingga akibat konsumsi obat-obatan. Dalam dunia medis, kondisi seseorang yang mengalami rambut rontok berlebihan disebut sebagai telogen effluvium.

Kondisi ini dapat terjadi para pria maupun wanita dan biasanya seseorang akan menyadari adanya kerusakan pada rambut pada rentang waktu selama 6 minggu hingga 3 bulan kerontokan. Pada kasus yang dibiarkan saja, kerontokan yang tak tertangani dengan baik kemudian akan menyebar ke seluruh bagian rambut sehingga rambut akan terlihat sangat tipis karenanya.

Menurut para ahli, ada beberapa penyebab rambut rontok parah yang perlu anda ketahui. Berikut ulasannya!

Menurut para ahli, kondisi rambut rontok yang berlebihan kerap dikaitkan dengan tubuh dan pikiran yang sedang stres atau tertekan. Selain stres karena tertekan, kerontokan, dan pertumbuhan rambut yang lambat juga dapat disebabkan oleh emosi yang meninggi, stress fisik yang sangat intensif setelah melahirkan, adanya perubahan hormonal pada wanita hamil, perubahan pola makan yang ekstrem dengan cara diet ketat, mengalami penyakit jangka pendek seperti infeksi atau telah selesai menjalani operasi dan sedang tahap pemulihan, menderita penyakit jantung seperti jantung atau kanker, tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat jantung atau, mengalami demam dan flu yang parah, anemia kronis, berat badan yang turun drastis dalam waktu yang singkat, menjalani terapi tertentu seperti kemoterapi atau radiasi, kurang aktifnya kelenjar tiroid dalam tubuh serta kurangnya asupan zat besi, protein, dan zinc dalam tubuh.

Apa pun yang menjadi penyebabnya, kondisi rambut rontok yang berlebihan kerap menjadi hal yang menakutkan bagi penderitanya. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi tampilan serta kepercayaan diri seseorang dalam kehidupannya. Oleh sebab itu, tak heran berbagai macam cara dilakukan untuk mengobati atau mengurangi kerontokan berlebih tersebut.

Dalam penanganannya, Anda harus tahu terlebih dahulu penyebab rambut rontok parah yang tengah anda alami. Apabila sebabnya adalah Anda tengah mengalami stres, maka lakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau melakukan hobi yang Anda sukai untuk mengurangi tekanan dalam pikiran Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan vitamin atau hair tonic dengan wangi menyenangkan ke dalam rangkaian perawatan rambut.

Baca selengkapnya untuk tahu 5 rekomendasi hair tonic untuk mengatasi kerontokan rambut.

Apabila penyebabnya adalah Anda tengah sakit atau menjalani sebuah terapi tertentu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terkait dan meminta resep yang tepat untuk mengembalikan ketebalan rambut Anda.

Dan apabila alasan dari kerontokan rambut parah adalah kekurangan asupan protein, zinc dan zat besi pada tubuh, Anda dapat segera mengkonsumsi protein, sayur-sayuran segar, atau mengkonsumsi suplemen tambahan bagi tubuh Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *