Ini Dia Langkah-Langkah Membeli Aksesoris Motor Matic di E-Commerce dengan Aman

Bagi Anda yang merupakan para pencinta motor, memodifikasi motor dengan box givi dan peralatan lain mungkin menjadi hal yang biasa untuk Anda. Modifikasi motor zaman sekarang pun dipermudah dengan cepatnya akses Internet dan semakin banyaknya platform e-commerce yang tepercaya dan mudah diakses melalui ponsel pintar.

Bagi Anda yang hobi memodifikasi motor, mungkin Anda juga gemar membeli berbagai aksesoris motor matic seperti box motor secara online. Agar asesoris-asesoris motor yang Anda beli terjamin kualitasnya, perhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu, ya!

pexels

1.Reputasi Penjual

Tidak sulit untuk melihat reputasi penjual di platform e-commerce. Cukup melihat komentar para pembeli lain serta bintang yang mereka berikan di kolom penjual. Nah, sebelum membeli suku cadang motor dan peralatan modifikasi lainnya, kenali dulu reputasi penjual, dan pastikn penjual tersebut tidak akan membohongi Anda. Simak baik-baik aturan dan ketentuan yang ditetapkan penjual, karena ada penjual yang mengizinkan Anda untuk menukar barang yang telah Anda beli, ada pula yang tidak.

 

2. Perhatikan informasi terkait barang

Misalnya, Anda ingin membeli plat logo baru untuk motor Anda. Ada penjual yang ternyata menjual dengan harga yang jauh lebih rendah daripada harga pasaran. Anda pun membelinya dan rupanya, plat yang Anda inginkan merupakan sebuah stiker. Namun Anda tak bisa melakukan retur barang karena dalam deskripsi, penjual telah menulis bahwa barang tersebut adalah stiker.

Beberapa penjual tidak benar-benar memasang foto barang yang mereka jual, dan malah mengambil sampul dari lapak orang lain. Jadilah teliti saat membaca deksripsi agar Anda tidak rugi.

 

3. Teliti dengan warna barang

Warna adalah hal penting yang harus Anda perhatikan saat membeli komponen untuk modifikasi motor, seperti warna velg, dan lain sebagainya. Foto yang tertera pada gambar di pasar daring seringkali sedikit berbeda dengan warna asli. Nah, pastikan warna yang Anda beli tepat dengan melihat perbandingan gambar barang di Internet.

Anda juga bisa meminta penjual untuk memotret barang dengan cahaya yang terang supaya Anda bisa melihat barang yang akan dibeli. Penjual yang tepercaya dan merupakan tangan pertama pasti akan bersedia melakukan hal tersebut.

 

4. Platform rekening bersama

Perusahaan jual beli daring tepercaya seperti Bukalapak menyediakan platform rekening bersama (rekber) yang dapat membuat pembeli menjadi tenang. Uang tidak akan ditransfer ke rekening penjual sebelum Anda menerima barang yang benar. Jadi, alih-alih membeli dan membayar di pihak yang tak dapat dipercaya, langsung saja beli melalui rekening bersama. Sistem rekening bersama ini tidak hanya menguntungkan bagi pembeli, tetapi bagi penjual karena mereka tidak akan tertipu lagi dengan pembeli yang tidak jujur.

 

5. Kesesuaian dengan kendaraan bermotor

Ada banyak piranti modifikasi motor yang keren di pasaran, tetapi pastikan dulu, cocokkah komponen itu dengan motor Anda? Tidak semua komponen cocok untuk motor, terutama motor matic. Jadi, jangan membuang-buang uang Anda tanpa riset yang jelas, ya.

Bila Anda bingung, Anda bisa bertanya kepada penjual tentang kesesuaian komponen dengan kendaraan bermotor yang Anda miliki. Terutama, apabila komponen itu cukup mahal.

Tidak ada salahnya membeli asesoris modifikasi motor di platform e-commerce. Namun yang jelas, sebagai pembeli, Anda harus teliti dan tidak asal-asalan membeli komponen motor yang terlihat keren dan trendy. Nah, selamat berbelanja dan jadilah pencinta motor yang cerdas, ya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *