Rekomendasi Bahan Makanan yang Menyehatkan Usus

Sebuah penyakit dapat diderita seseorang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya dari usus besar yang kotor. Usus besar memiliki peranan yang penting dalam kesehatan manusia karena hampir 70% sel pembentuk kekebalan tubuh terletak pada dinding usus. Namun jika sistem pencernaan Anda terganggu, maka kesehatan Anda akan tergganggu pula seperti timbulnya penyakit diare, usus buntu dan disentri. Hal ini disebabkan oleh pola yang makan tidak teratur dan kualitas bahan makanan yang tidak sehat. Berikut ini rekomendasi makanan yang dapat membersihkan usus Anda.

Rekomendasi Bahan Makanan yang Menyehatkan Usus

Sayuran Hijau

Sayuran hijau sangat baik bagi kesehatan pencernaan Anda karena memiliki tekstur yang berserat, kaya akan mineral dan antioksidan sehingga dapat membersihkan usus Anda dari kotoran serta racun yang menempel pada dinding-dinding usus. Cara paling baik dalam mengolah bahan makanan ini adalah dengan cara direbus, sedangkan jika ingin digoreng atau ditumis usahakan menggunakan minyak zaitun agar kandungan gizi dan nutrisinya tetap terjaga.

Psyllium Husk

Bahan makanan ini dikenal oleh umum dengan nama plantago ovate yang merupakan tanaman herbal. Tanaman ini tumbuh subur di India yang memiliki beragam manfaat khususnya dapat menurunkan kolesterol dan kaya akan serat. Untuk mengkonsumsi makanan ini caranya yaitu campurkan psyllium husk dengan air panas dan tunggu beberapa menit, tambahkan sedikit garam, dan siap untuk dimakan. Sangat mudah bukan?

Chia Seed

Chia Seed adalah jenis bahan makanan dari biji-bijian organik yang popular untuk program diet. Makanan ini berfungsi untuk membersihkan pencernaan. Cara mengkonsumsinya yaitu rendam Chia Seed ke dalam air atau susu selama beberapa saat atau campurkan pada oatmeal maupun yoghurt agar rasanya tidak terlalu hambar.

Lada Cayenne

Bagi penyuka pedas, Anda tidak perlu khawatir dengan pencernaan yang akan terganggu karena lada Cayenne dapat menjadi solusinya. Makanan ini memiliki senyawa pedas yang akan melancarkan pencernaan di tubuh Anda serta dapat mencegah serangan jantung.

Makanan Fermentasi

Bahan makanan yang difermentasi sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda karena mengandung bakteri baik yang menguntungkan. Contoh makanan hasil fermentasi yakni tape, yoghurt, kimchi, dsb.

Buah-buahan

Makanan yang satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak dalam menjaga kesehatan tubuh khususnya menjaga pencernaan Anda. Beberapa buah yang kaya akan antioksidan adalah lemon dan alpukat yang dapat mencegah perkembangan racun dalam usus.

Varian The

Minuman teh juga sangat baik untuk pencernaan jika terbuat dari kefir karena merupakan hasil fermentasi yang mengandung oligosaccharides dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan ini juga sangat direkomendasikan karena dibuat dari fermentasi gelatin kombucha.

Air putih

Air putih sangat wajib dikonsumsi karena sebagai pemenuhan kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi dan sembelit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *