Inilah Rekomendasi untuk Membuat Bakpao Sederhana

Bakpao adalah salah satu makanan khas dari Cina yang cukup mengenyangkan. Saat ini bakpao sudah banyak dikonsumsi di Indonesia sebagai pengganti roti. Cara membuat kue bakpao sangatlah mudah.

Kudapan yang berbentuk mirip roti bun berwarna putih dengan berbagai macam isi di dalamnya terbuat dari tepung terigu dan tapioka sebagai bahan utama pembentuk rotinya. Bakpao dapat berisi isian yang rasanya manis atau pun asin. Bakpao memiliki isi yang bervariasi, misalnya cokelat, stroberi, kacang hijau, daging, dan lainnya.

Dengan teksturnya yang padat, lembut, dan empuk, bakpao cukup digemari di Indonesia. Makanan khas orang Tiongkok ini dapat dijadikan sebagai jajanan atau pengganti makanan utama yang cukup mengenyangkan.

Proses membuatnya bakpao juga cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah, bahkan kita juga bisa membuatnya untuk berjualan. Bakpao juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama, yaitu sekitar tiga hari dalam bentuk frozen food.

Selain itu, jika kamu ingin mengkreasikan bakpao untuk penyajian yang berbeda, kamu juga dapat menggoreng bakpao yang sudah dikukus. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tekstur bakpao yang lebih renyah. Berikut ini resep kue bakpao yang sederhana untuk kalian.

Bahan untuk Kulit

  • 250 gram tepung terigu
  • 175 ml air
  • 50 gram mentega putih
  • 4 sdm gula pasir
  • ½ bungkus ragi instan
  • ½ sdm baking powder
  • Garam secukupnya (hanya untuk gurih)

Bahan untuk Isi

  • Coklat meses
  • Daging yang sudah ditumis
  • Kacang hijau matang yang sudah dihaluskan

Cara Membuat Bakpao yang Sederhana dan Enak

  1. Siapkan wadah yang cukup besar, lalu masukkan tepung terigu dan baking powder. Aduk dan sisihkan.
  2. Kemudian, ambil wadah lain. Lalu campurkan ragi instan dan gula pasir. Haluskan dengan mixer, lalu sisihkan.
  3. Selanjutnya, masukkan campuran ragi instan dan gula pasir yang sebelumnya sudah dihaluskan itu ke dalam campuran tepung terigu dan baking powder yang ada di wadah pertama.
  4. Tambahkan garam pada adonan dan lalu aduk hingga rata.
  5. Berikutnya, kamu bisa memasukkan mentega putih, lalu aduk kembali hingga rata.
  6. Kemudian, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  7. Lalu, tutup adonan dengan menggunakan serbet, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan bakpao mengembang. Hal ini dilakukan agar bakpao terasa lembut.
  8. Setelah itu, kempeskan adonan kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian kecil, masing-masing sebesar 30 gram. Bulatkan adonan, lalu diamkan lagi sampai 10 menit.
  9. Kemudian isi bagian tengah adonan dengan meses, daging, atau kacang hijau sebanyak ½ sdm. Lalu bentuk bulat seperti bola atau sesuai selera.
  10. Susun adonan yang telah diberi isi di atas kertas roti dan diamkan kembali selama 30—45 menit.
  11. Jika sudah, kukus bakpao selama kurang lebih 10 menit hingga matang.
  12. Angkat dan sajikan bakpao di atas meja.

Begitulah penjelasan singkat mengenai cara membuat bakpao sederhana. Selain bisa diisi dengan cokelat, daging, dan kacang hijau, bakpao juga bisa diisi dengan sayuran, serikaya manis, selai kacang, dan lain sebagainya tergantung bagaimana kamu mau mengkreasikannya.

Seiring berjalannya waktu pun, saat ini bakpao makin digemari di berbagai kalangan masyarakat. Banyak orang yang berbondong-bondong belajar membuat bakpao sendiri di rumah.

Lalu, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu berminat untuk membuat bakpao sendiri di rumah?

Apakah kamu tertarik untuk membuat bakpao? Yuk, silakan dicoba!

Sumber gambar: cicicookies.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *