Resep Bumbu Rujak dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sebagai orang Indonesia, mengenal berbagai jenis masakan Nusantara adalah sebuah keharusan. Jika di luar negeri kita mengenal makanan pencuci mulut dengan sebutan salad, maka di Indonesia, kita juga mempunyai rujak seperti rujak kangkung yang merupakan makanan asli khas Nusantara. Rujak terdiri dari berbagai macam buah-buahan atau bahkan sayur-sayuran yang diracik menjadi satu kesatuan.

Ada dua jenis rujak yang kita kenal di masyarakat, yaitu rujak tumbuk dan rujak serut. Dua-duanya memiliki bahan-bahan yang sama, tetapi hanya berbeda dalam cara pengolahannya.

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/food/makan-sayur-enak-dengan-resep-rujak-kangkung-siap-dalam-20-menit-saja-46530

Satu hal yang paling penting dalam sebuah rujak adalah keberadaan sambal rujak. Sambal rujak memiliki peran penting dalam menentukan rasa sebuah rujak tersebut. Resep bumbu rujak terbuat dari campuran gula aren, cabai, asam jawa, dan juga kacang tanah. Namun, di setiap daerah, rujak memiliki ciri khas masing-masing. Ada sambal yang mengandung kacang tanah, ada pula yang tidak.

Bumbu rujak yang kita kenal juga memiliki berbagai rasa khas dan unik sesuai dengan karakter rujak yang disajikan.

Bisa jadi seseorang yang membuat rujak memiliki resep khusus seperti bahan-bahan yang dicampur pada saat menumbuk. Untuk membuat sambal rujak, ada pula campuran buah-buahan yang langsung ditumbuk untuk menjadi sambal rujak. Tidak hanya pedas, tetapi terdapat karakter asam dan manis.

Berbicara tentang bumbu rujak, tentunya tidak lengkap jika hanya membicarakan tentang sensasi rasa pedas manis ataupun gurih. Namun, tahukah Anda? Bumbu rujak ternyata memiliki khasiat tersendiri buat tubuh. Manfaatnya pun cukup banyak. Ingin tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam bumbu rujak? Mari kita simak.

1. Menghangatkan Tubuh

Disadari atau tidak, mengonsumsi rujak buah dengan bumbu rujak yang sedikit pedas rupanya memberikan efek hangat pada tubuh. Hal ini tidak lain karena kandungan cabai pada bumbu rujak mampu menghasilkan rasa pedas sehingga seorang yang memakan bumbu rujak akan merasakan sensasi pedas hingga akhirnya menghangatkan tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Rasa pedas pada bumbu rujak, selain memberikan rasa hangat pada tubuh ternyata juga bisa melancarkan pencernaan. Hal ini karena ada kandungan rujak dan bumbu rujak terdapat buah-buahan yang memiliki serat yang cukup tinggi. Selain itu, cabai pada bumbu rujak memiliki sifat asam yang mampu menetralkan sisa-sisa metabolisme tubuh yang disimpan dalam usus besar.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan berbagai macam sumber makanan nabati pada bumbu rujak ternyata mampu membuat jantung menjadi lebih sehat. Contohnya adalah kandungan kacang tanah pada bumbu rujak. Sebagaimana kita tahu, mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah yang tepat dan dikonsumsi secara rutin mampu menangkal berbagai penyakit pada jantung.

Selain itu, kacang tanah juga mampu mereduksi kolesterol dalam tubuh kita. Semua tahu kolesterol merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit pada jantung, karena kolesterol akan menutupi peredaran darah sehingga kerja jantung menjadi semakin berat dan pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan serius pada jantung. Tidak mau bukan hal itu terjadi?

4. Mengurangi Risiko Penyakit

Bila Anda kekurangan serat, maka akan ada banyak penyakit yang hinggap di tubuh Anda. Mulai dari penyakit pencernaan, sampai penyakit kulit. Jadi, bila Anda tak menyukai buah-buahan plain, Anda bisa mengonsumsi rujak.

Nah, ada banyak sekali bukan, manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi rujak? Selain itu, rujak juga memiliki harga yang terjangkau. Dikonsumsi setiap hari pun tak masalah, asal cabainya tak terlalu banyak.

 

Sumber gambar: img-global.cpcdn.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *