Mau Tahu Resep Makanan untuk Bayi 6 Bulan? Yuk, Simak di Sini!

ASI memang makanan atau sumber nutrisi terbaik bagi si buah hati. Namun, frekuensi ASI ini semakin hari akan semakin berkurang. Oleh sebab itu, Bunda perlu memberikan MP-ASI atau makanan pendamping bagi ASI bagi si buah hati. Pemberian MP-ASI ini dapat Bunda berikan sejak bayi berumur 6 bulan. MP-ASI ini juga dapat terdiri dari berbagai macam, seperti bubur, sup, maupun biskuit khusus untuk bayi. Biskuit bayi pada masa sekarang sudah banyak beredar di pasaran, misalnya biskuit Farley’s. Bunda tinggal memilih merek dan jenis rasanya agar sesuai selera si kecil. Selain biskuit Farley’s, ada pula jenis-jenis biskuit lainnya yang juga memiliki nutrisi yang tinggi. Bunda mau tahu? Baca di sini.

Pemberian MP-ASI bagi anak usia 6 bulan sangat cocok Bunda lakukan. Hal ini karena bayi usia 6 bulan sudah memiliki pencernaan yang siap menerima makanan padat. MP-ASI ini sebaiknya Bunda buat sendiri atau homemade sehingga kebersihan dan kualitasnya lebih terjamin. MP-ASI pertama yang bisa Bunda berikan bagi si kecil adalah berupa puree atau bubur halus. Tidak perlu khawatir Bunda, karena bahan-bahan untuk membuat MP-ASI tersebut mudah ditemukan atau bahkan yang biasa Bunda konsumsi sehari-sehari.

Beberapa bahan-bahan MP-ASI dapat berupa sayuran (ubi, labu, brokoli), buah-buahan (apel, pisang, avokad), daging (ayan, sapi), beras (merah atau putih), dan masih banyak yang lainnya. Melalui bahan-bahan itu, Bunda dapat membuat MP-ASI sesuai dengan selera si buah hati. Selain itu, Bunda juga bisa membuat menu makanan yang beda-beda sehingga si kecil tidak cepat merasa bosan. Mau tahu resep makanan bayi 6 bulan yang bergizi? Simaklah beberapa contoh resep MP-ASI untuk bayi 6 bulan di bawah ini!

Bubur Susu

Menu MP-ASI yang pertama adalah bubur susu. Untuk membuat bubur susu ini, Bunda hanya perlu menyiapkan 10 gram tepung. Tepung yang dimaksud bisa berupa tepung beras, tepung sagu, tepung maizena, tepung hunkwe, atau tepung kacang hijau. Bahan yang kedua adalah 200 ml ASI. Jadi, sebelum membuatnya, pastikan Bunda sudah memeras ASI sebanyak 200 ml ya, Bun.

Cara pembuatannya juga mudah. Pertama, masaklah tepung dengan sedikit air. Setelah matang, tuangkan bubur pada mangkuk. Kemudian, tambahkan ASI dan aduk hingga merata. Bubur susu siap Bunda berikan kepada buah hati tercinta.

Puree Beras Merah atau Beras Putih

Menu makanan yang kedua adalah bubur halus dari beras merah atau beras putih. Bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan adalah beras merah atau beras putih secukupnya dan ASI. Cara pembuatannya adalah dengan memasak beras merah atau beras putih hingga menjadi bubur. Kemudian, saringlah bubur, lalu tambahkan ASI. Aduk hingga merata dan pure beras merah atau beras putih siap disajikan.

Puree Avokad

Buah avokad memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi bayi. Oleh sebab itu, avokad juga dapat digunakan sebagai bahan makanan pendamping ASI. Bahan-bahan yang perlu Bunda siapkan adalah 50 gram avokad dan 30 ml ASI.

Langkah-langkah pembuatannya sangat gampang. Pertama, kupas buah avokad, lalu cuci bersih, dan kemudian potong-potong. Haluskan buah avokad dengan cara dipenyet-penyet. Kemudian, saring avokad yang sudah dihaluskan tersebut dengan menggunakan saringan kawat tanpa menambahkan air. Kemudian, tuangkan avokad yang sudah disaring hingga halus tersebut pada mangkuk. Campurkan ASI dan aduk hingga merata.

Puree Pisang

Buah lain yang juga dapat Bunda gunakan sebagai bahan MP-ASI adalah buah pisang. Cara pembuatannya juga tak kalah mudah dengan puree pisang. Bahan-bahan yang disiapkan adalah 300 gram pisang ambon yang sudah dikupas dan dipotong-potong serta 30 ml ASI. Langkah-langkah pembuatannya adalah dengan mengerok pisang dengan menggunakan sendok. Kerokannya yang halus ya, Bun. Kemudian, campurkan ASI dan puree pisang siap diberikan kepada si kecil.

Itulah empat cara pembuatan menu makanan bagi bayi 6 bulan yang aman dan bergizi. Sangat mudah, kan, Bun. Selalu jaga kebersihan bahan-bahan makanan sebelum membuatnya, ya, Bun.

Sumber Gambar

ibudanmama.com

tesco-baby.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *