Resep Minuman Segar Semancanegara

Walaupun ini akhir tahun, tapi Indonesia tidak mengenal musim dingin ya gengs. Hanya ada musim panas dan hujan xixi. Jika biasanya pada daerah-daerah empat musim mereka memiliki musim dingin, di mana waktunya untuk minum sajian-sajian panas. Berbeda dengan Indonesia yang tidak memiliki musim salju sehingga kapan pun adalah waktu yang tepat untuk makan dessert segar khas Indonesia. Jika kita mulai mengenal ada dessert dengan nama bingsu dari Korea, ternyata Indonesia memiliki lebih banyak dessert dengan es serut yang tidak kalah enak dan segar. Selain es tradisional, ternyata resep dessert di Indonesia berkembang sangat pesat loh. Rata-rata dessert khas Indonesia laku keras ketika bulan Ramadan tiba. Salah satunya adalah es campur. Dengan keadaan puasa sehari penuh dan daerah tropis Indonesia yang memiliki suhu cukup panas membuat waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk minuman dan makanan dingin.

Boleh dibilang, es campur merupakan resep yang lebih modern dari menu-menu dessert lainnya. Ingin tahu resep dessert Indonesia apa saja yang bertebaran di seluruh Indonesia? Yuk, langsung kita cek aja es di bawah ini.

  1. Es Pisang Ijo

Kalau ini sih sis sudah tersebar ke mana-mana ya. Dari daerah asalnya di Makassar, rupanya es ini juga diminati masyarakat Indonsia lainnya di berbagai daerah. Minuman asal Makassar ini sangat khas karena memiliki warna hijau dengan kuning pisang di dalamnya. Selain itu, untuk menyajikan es ini, biasanya dihidangkan dengan bubur sumsum dan disiram dengan sirup merah kokopandan. Ada juga beberapa pedagang yang menambahkan kacang yang sudah ditumbuk kasar sehingga menambah rasa gurih dan tekstur pada dessert yang satu ini.

  1. Es Oyen

Es oyen sebenarnya kembaran dari es campur. Hanya saja, es oyen menggunakan jenis buah-buahan yang lebih sedikit. Jika pada es campur kita bisa menemukan buah mulai dari apel hingga buah naga. Pada es oyen ini hanya ada avokad dan kelapa muda saja. Untuk menyajikan es oyen ini biasanya terdiri dari es batu, pacar cina, cincau, avokad dan kelapa muda tak lupa ditambah susu kental manis untuk menambah rasa. Wah, baru membayangkannya saja sudah segar ya readers.

  1. Es Gempol Pleret

Dari namanya sudah kita ketahui bahwa dessert yang satu ini berasal dari Jawa Tengah. Namanya pun menjadi identitas bagaimana proses pembuatan dessert yang satu ini. Es gempol pleret adalah jenis minuman yang dibuat dari serutan es dengan kuah santan dan siraman sirup manis. Biasanya, warna kuah dari gempol pleret ini adalah kuning, merah muda, dan hijau. Gempol pleretnya sendiri terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, dan air. Proses pembuatannya adalah digempol atau dibulatkan. Kemudian, dipleret atau dipipihkan.

  1. Es Laksamana Mengamuk

Wah, dari namanya sudah memberikan kesan galak ya readers. Tapi tidak segalak namanya, es yang satu ini sangat nikmat dan manis loh rasanya. Es ini berasal dari daerah Riau. Konon, es ini merupakan inovasi dari kejadian mengamuknya seorang laksamana yang mengetahui istrinya berselingkuh dengan pemilik kebun mangga kweni. Saking marahnya, kebun mangga kweni itu sampai menjatuhkan begitu banyak buah mangga yang kemudian diambil oleh masyarakat. Es ini terbuat dari es serut yang diberi santan dan air gula dengan irisan buah kelapa dan mangga kweni kemudian ditambah dengan selasih.

Beragam ya rupanya resep minuman segar asal Indonesia yang cocok banget untuk dessert. Selain menyegarkan, jangan lupa coba sendiri untuk membuat jenis-jenis es tersebut untuk keluarga. Happy eating!

https://review.bukalapak.com/food/resep-es-campur-segar-ini-pas-diseruput-di-tengah-hari-43456

Gambar oleh: nesia.id, apasihweb.id, eastjavatraveler.id, girlisme.com, resecaramemasak.info

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *