Resep Olahan Daging Sapi Untuk Tahun Baru

Momen favorit readers ketika tahun baru apa sih? Kalau emak-emak se Indonesia pasti setuju dengan Year End Sale! Diskonnya gila-gilaan ya ga sih. Selain diskonnya, momen-momen kumpul keluarga adalah momen yang pasti ditunggu-tunggu. Tapi gimana kalau malam tahun baruan kita jadi garing gara-gara makanan nya belom ready gengs? Oke mimin akan menyelamatkan readers semua. Keluarga sudah siap kumpul-kumpul. Kita akan masak apa nih readers? Harus bikin master peace yang pasti disukai sama semua orang. Ketupat? Pepes ayam? Terlalu tema idul fitri bukan tahun baru. Oh BBQ? Itu mah sudah pasti. Apa ya readers makanan yang pas untuk tahun baru dan mudah untuk dibuat. Oho! Mimin dapat ide, kita bikin bumbu kuah bakso sapi. Ini pasti jadi favorit. Untuk makan malam boleh lah kita masak BBQ bareng keluarga. Tapi untuk menanti sampai keluarga sampai kumpul semua kita buat bakso sapi yang pasti disukai oleh seluruh anggota keluarga.

Bakso sendiri tidak berasal dari Indonesia loh readers. Sejarah mencatat, penemu dari Bakso adalah seorang yatim bernama Meng Bo asal Cina yang ingin membuat sebuah makanan. Bukan makanan biasa, tapi makanan yang super lembut karena ibunya adalah seorang yang sangat menyukai daging. Tapi tidak bisa memakannya karena terlalu keras. Akhirnya Meng Bo memikirkan resep olahan daging sapi apa yang bisa dibuat dan bisa dimakan oleh ibunya. Melihat tetangganya menumbuk beras untuk moci akhirnya Meng Bo berinisiatif membuat olahan daging seperti tetangganya. Akhirnya sang ibu bisa makan daging lagi deh. Kisah ini terkenal dan banyak orang diluar daerah tempat tinggal Mang Bo yang datang ke rumahnya untuk belajar membuat bakso.

Kita cukupkan ceritanya dan sekarang siapkan bahan-bahannya dulu yu readers.

Bahan Dasar Adonan Bakso:

  1. 250gr Daging sapi
  2. 3 Sdm > Tepung Tapioka
  3. 2 siung> Bawang putih
  4. Es batu dan air es secukupnya
  5. 1/2 sdm> Merica bubuk
  6. 1/2 sdt Baking
  7. 1 sdm> Garam

Bahan Kuah Bakso bening:

  • 4 lt Air
  • 400 gr > Tulang Sapi
  • 1sdm Merica bubuk
  • Daun Bawang (Secukupnya)
  • 12> Bawang Putih
  • Gula dan Garam secukupnya

Langkah-langkah membuat bakso:

  1. Giling atau cincang daging hingga hancur dan halus.
  2. Campur air es dengan merica, bawang putih, baking dan daging hingga merata.
  3. Tambahkan tepung tapioka secara perlahan-lahan dan garam pada adonan bakso.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat seperti bakso dengan berbagai ukuran. Bisa berukuran besar atau kecil.
  5. Rebus atau kukus adonan bakso hingga matang, cirinya biasanya adonan bakso tidak lengket.

Langkah-langkah membuat kuah bakso:

  1. Panaskan air hingga 100oC
  2. Rebus tulang sapi hingga keluar aroma kaldu.
  3. Iris bawang putih dan daun bawang kemudian masukan ke air kaldu
  4. Tambahkan garam dan merica secukupnya.

Readers ada beberapa tips nih untuk readers ketika masak. Kadang anak-anak suka rewel kalau bawang putihnya tercium jadi tidak mau makan. Padahal bawang-bawangan juga baik untuk kesehatan. Jadi sebagai pembuat makanan ala-ala kita bisa cheating dengan mengurangi bawang putihnya. Atau untuk tahap yang lebih curang tambahkan keju. Readers bisa menambahkan isian yang bermacam-macam seperti keju, cabai atau daging untuk baksonya. Sehingga rasanya lebih mantap. Selain menambahkan isian, jangan lupa tambahkan sayuran untuk bakso readers sehingga lebih sehat.

Nah cukup sekian ya sharing nya nih readers. Jangan lupa untuk share resep ini ke sahabat dan keluarga readers semua ya. Selamat mencoba!

https://review.bukalapak.com/amp/food/rahasia-di-balik-resep-bakso-sapi-dan-kuahnya-yang-sedap-mantap-23938

Sumber Gambar: https://pixabay.com/en/users/Efraimstochter-12351/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *