Resep Sop Buah, Minuman Dingin Penghilang Gerah

 

Sop buah, mendengar namanya saja langsung terbayang kelezatannya. Minuman segar ini bisa menjadi oase saat cuaca sedang panas-panasnya ataupun menjadi hidangan pembuka puasa yang menarik. Rasa segar yang hadir dari perpaduan kuah manis yang terbuat dari es, sirup vanili, dan susu kental manis bercampur dengan segar dan asamnya buah-buahan mampu menyejukkan dahaga para penikmatnya. Saat dinikmati sewaktu berbuka, sop buah pasti bisa mengembalikan rasa lemas kamu setelah seharian berpuasa.

 

Apalagi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat sop buah ini amatlah singkat. Jadi, kamu tidak akan merepotkan dalam mempersiapkannya. Bila dihitung-hitung, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja untuk menyiapkan 5 mangkok sop buah. Kalau begini, sop buah cocok sekali menjadi teman bercengkerama, bukan?

 

Tertarik membuat sop buah sendiri? Resepnya tidak rumit, kok. Coba deh simak ulasan ini!

 

Pertama, kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, ya.

 

Bahan-bahan

  • 100 gram semangka merah, potong dadu
  • 100 gram nanas, potong segitiga kecil
  • 100 gram melon, buat bulatan sebesar kelereng
  • 100 gram pepaya, potong dadu
  • 100 gram anggur, belah dua
  • 500 gram es serut
  • 1 liter air
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 ml susu kental manis putih

 

Setelah semua bahannya siap, kita mulai proses membuat sop buah, ya. Eh, eh, eh, awas itu yang sudah mulai telan liur sendiri. Sabar, setelah tahu proses membuat sop buah hingga jadi, kamu bisa langsung beli bahan-bahannya dan praktik sendiri, kok. Lanjut, ya!

 

Langkah pertama, siapkan mangkok saji. Lalu, letakkan melon, nanas, pepaya, semangka, anggur yang telah dipotong-potong ke dalam mangkok. Selanjutnya, campur air dan susu kental manis menjadi satu di dalam tempat terpisah, lalu aduk hingga rata. Setelah itu, tuangkan air dan susu yang telah tercampur itu dalam mangkok saji yang berisi potongan buah-buahan. Terakhir, beri es serut dan sirup vanili. Hmmm, sekarang jadilah sop buah yang segar menggoda.

 

Oh ya, takaran bahan-bahan di atas ditujukan untuk 5 porsi sop buah. Bila ingin membuat sop buah dalam jumlah yang lebih banyak atau sedikit, kamu bisa menambah maupun mengurangi bahan-bahannya sesuai instingmu.

 

Kamu juga bebas menambahkan buah-buahan kesukaanmu di dalam sop buah buatanmu nanti. Namun, selalu ingat untuk memilih buah yang segar dan mencucinya hingga benar-benar bersih, ya. Sebab, bila kamu mengonsumsi sop buah untuk berbuka, imunitas tubuh kita sering lebih lemah selama berpuasa bila dibandingkan hari-hari biasa.  Oleh karena itu, menjaga kebersihan makanan menjadi salah satu tips agar ibadah puasa tetap berjalan lancar. Akan tetapi, meski tidak berpuasa, kebersihan makanan memang haruslah selalu diutamakan, sih. Sepakat?

 

Ada tambahan tips untuk kamu yang mau mencoba membuat sop buah sendiri, nih. Untuk mendapatkan sop buah yang lezat nan nikmat, selalu gunakan buah-buahan yang segar, ya. Karena hidangan ini tidak diolah menggunakan panas api, lagi-lagi pastikan kebersihannya, ya. Sebaiknya kamu cuci semua buahnya hingga benar-benar bersih sehingga terbebas dari kuman dan sisa pestisida. Selain itu, lebih baik juga bila kamu menggunakan es batu yang dipersiapkan sendiri di rumah. Sebab, es batu yang dijual di pasaran sering kali kurang terjaga kebersihannya. Oke?

 

Nah, itulah resep sop buah yang bisa kamu coba kapan saja. Sudah tahu, kan? Sekarang, kamu boleh pergi ke supermarket atau pasar terdekat, beli bahan-bahan, dan praktik membuat deh.

 

Baca juga https://review.bukalapak.com/food/cara-membuat-sop-buah-segar-yang-pas-jadi-pelepas-dahaga-setelah-puasa-20995 kalau kamu mau tahu resep sop buah dan minuman dingin lainnya yang tentu saja tidak kalah lezatnya.

 

Selamat mencoba!

 

Sumber gambar: fashion992

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *