Sajian Kuliner Kalimantan Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

Selain terkenal dengan destinasi wisata yang indah seperti Maratua, Kakaban atau Pulu Derawan yang menjadi destinasi andalan di sana. Anda juga harus nikmati kuliner Kalimantan Timur yang tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi, daerah ini pun terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat.

Sajian Kuliner Kalimantan Timur yang Tidak Boleh Dilewatkan

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Kalimantan Timur, berikut kuliner Kalimantan Timur yang wajib untuk Anda coba.

Ayam Cincane

Sebetulnya, kuliner Kalimantan Timur bernama Ayam Cincane ini merupakan sajian yang berasal dari ayam kampung yang dibakar dan dinikmati dengan sambal tomat, biasanya dihidangkan pada acara resmi seperti pernikahan. Yang menjadikan ayam ini berbeda dari biasanya adalah sebelum dibakar, ayam ini direbus dengan bumbu khusus kemudian dilumuri dengan bumbu dan dibakar hingga warnanya kecoklatan baru setelahnya dilumuri dengan sambal tomat.

Sate Payau

Terbuat dari daging rusa, kuliner ini biasanya disajikan saat upacara adat atau saat festival kesenian karena rusa masih menjadi binatang yang dilindungi. Sate payau ini memiliki tekstur yang lembut dibanding daging lainnya, apalagi dengan rasanya yang manis karena telah dimarinate dengan bumbu sate.

Nasi Bekepor

Kuliner yang satu ini cukup sulit dicari karena rasanya yang lezat. Hidangan ini merupakan campuran dari nasi dengan ikan asin, rempah-rempah dan minyak sayur. Selain itu, nasi ini juga disajikan dengan sayur gangan asam kukar atau sejenis sayur asam yang diolah bersama ikan atau ubi manis khas Kalimantan Timur.

Sambal Raja ala Kalimantan Timur

Kuliner Kalimantan Timur yang satu ini sangat khas, jika Bali terkenal dengan sambal matahnya, Kalimantan Timur terkenal dengan sambal rajanya. Sambal raja ini terbuat dari kacang panjang yang dipotong kecil, ditambah terong ungu dipotong dadu kecil, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit serta tambahan telur rebus yang dicincang. Kemudian semua bahan digoreng dengan minyak panas, ditambah gula, garam, terasi dan cabai, tidak lupa jug ditambahi perasan jeruk cina sehingga menghasilkan aroma yang menggoda. Biasanya hidangan ini disajikan dengan ikan goreng dan nasi hangat.

Gence Ruan

Mungkin namanya sedikit asing, tapi rasanya sangat lezat. Merupakan hidangan yang terbuat dari ikan gabus yang dibakar di atas bara api menggunakan bumbu tumis yang sangat banyak. Setelah dibakar, gance ruan ini kemudian dilumuri dengan sambal goreng yang tentu rasanya enak. Biasanya ikan ini disajikan bersama nasi hangat dan tumis daun pakis.

Bubur pedas dan Nasi Kuning Kalimantan Timur

Jika biasanya bubur disajikan dengan ayam, di Kalimantan Timur, bubur disajikan bersama ikan teri dan kacang goreng, meskipun ada juga yang menikmatinya dengan ayam. Bedanya, bubur ini mempunyai citaras pedas dicampur dengan rempah-rempah seperti ketumbar, lada hitam, lengkuas, jintan dan cabe.

Adanya juga nasi kuning khas Kalimantan Timur yang disajikan dengan ikan, ayam, daging, lauk kering dan juga telur. Biasanya disantap saat pagi hari atau untuk acara penting lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *