Sate Madura Masuk Kategori Makanan Terlezat di Dunia, Indonesia Berbangga

Kuliner dari Indonesia memang sudah terkenal lezat dan pastinya cocok di lidah orang Indonesia. Namun ternyata kuliner Indonesia juga cocok untuk lidah para turis dimana kepopuleran masakan Indonesia ini juga sudah mendunia. Baru-baru ini CNN Travel melakukan polling kembali tentang makanan yang paling enak di dunia dan menyodorkan ragam pilihan makanan. Ternyata Indonesia patut berbangga karena sate Madura ala Indonesia masuk ke dalam daftar makanan tersebut.

Sate dari Indonesia masuk ke urutan nomor 14 daftar makanan terenak di dunia. Pada dasarnya yang masuk ke dalam makanan terenak ini hanya disebutkan sate padahal Indonesia punya ragam kuliner sate. Namun jika membicarakan sate maka tak akan lepas dari sate yang berasal dari Madura ini. Dengan daging yang ditusuk dan dibakar secara garing menjadikannya terasa bau arang di luar dan garing namun tetap lembut di dalam. Belum lagi dengan adanya bumbu kacang yang identik dengan sate Madura.

Selain sate ada juga makanan lainnya yang masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia juga. Apa saja makanannya? Berikut ini daftarnya:

  • Rendang

Siapa yang tak mengenal rendang? Ya, makanan yang terbuat dari daging sapi (bisa juga diganti daging lainnya) ini dimasak dengan waktu yang cukup lama dengan bumbu yang sedikit kompleks. Letak kelezatannya adalah pada banyaknya santan yang dipakai untuk memasak rendang. Dalam voting CNN tersebut ternyata rendang mampu meraih hingga 35.000 suara lebih! Ya, hal ini pun menjadikan rendang dikukuhkan sebagai makanan terlezat di dunia di peringkat wahid atau bertengger di puncak daftar. Rendang gaya Minang mampu mendapatkan apresiasi yang begitu besar dari seluruh dunia.

  • Nasi goreng

Nasi goreng merupakan makanan sederhana yang tersedia mulai dari pinggir jalan hingga ke restoran bintang lima sekalipun. Dengan bumbu dan bahan yang sederhana, ternyata nasi goreng pun mampu menyabet posisi atas yakni di urutan kedua setelah rendang. Hebat bukan? Sajian sederhana dengan menggabungkan antara nasi, telur udang dan ayam dan bumbu sederhana ternyata mampu mengalahkan menu dari negara lain yang lebih rumit misalnya saja nasi goreng ala Thailand yang duduk di peringkat 24.

Itulah tiga makanan dari Indonesia yang mampu diakui oleh dunia. Kuliner Indonesia bukan semata hanya makanan untuk kenyangkan perut saja. Namun lebih daripada itu, kuliner pun juga sebuah warisan budaya tanah nusantara yang patut dijaga keaslian dan kelestariannya. Jika dunia saja menghargai kuliner Indonesia, seharusnya masyarakat Indonesia pun juga harus lebih menghargai dan berbangga. Rendang, nasi goreng, sate Madura atau sate lain dan semua makanan lain wajib dijaga keberadaannya dan harus dicintai.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *