Suzuki Address: Motor Matic Suzuki yang (Seharusnya) Menguntungkan Karena 4 Hal Ini

Nama Suzuki Address memang relatif jarang terdengar. Terlihat berkeliaran di jalan raya juga jarang. Jangan-jangan, kamu malah lupa bahwa Suzuki punya skuter matik bernama Address?

Wajar kok, kalau kamu tidak ingat yang satu ini. Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Suzuki Address memang tergolong sebagai skutik yang penjualannya tidak bagus-bagus amat. Catatan distribusi skutik ini ke dealer bahkan pernah cuma satu unit dalam sebulan, yaitu pada bulan Juni 2018. Makanya, adalah wajar kalau Address jadi skutik yang terlupakan.

Padahal, kalau mau diteliti lebih jauh, Suzuki Address sebenarnya punya potensi buat laku keras. Sebab, motor matik Suzuki satu ini punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh kompetitor. Syaratnya, Suzuki membidik target pasarnya dengan benar dan jelas.

Penasaran? Mari kita bedah kelebihan Suzuki Address satu per satu!

1. Kualitas Ekspor

Banyak yang belum tahu, Suzuki Address merupakan motor matic kualitas ekspor. Artinya, kalau kamu sekarang punya Address di rumah, motor yang kamu kendarai itu dibuat dengan standar kualitas ekspor. Kalau tidak percaya, coba cek review-nya di Youtube.

 

Peminat Suzuki Address di luar negeri ternyata cukup banyak. PT  Suzuki Indomobil Sales (SIS) tercatat mengirimkan sekitar 1.000 sampai 2.000 unit Suzuki Address ke berbagai negara setiap bulan, termasuk ke wilayah yang terletak di Eropa.

Menariknya lagi, dari sisi spesifikasi, tidak banyak yang berbeda antara Address versi Tanah Air dan Address versi ekspor. Bedanya, Suzuki Address fitur versi ekspor dibekali oleh ban tubeless dan gas buang ramah lingkungan, sesuai standar yang harus dipenuhi di Benua Biru. Soal ini, bisa lah kamu upayakan sendiri.

Soal kapasitas mesin, baik versi ekspor maupun versi yang kamu miliki sama-sama punya kubikasi 110 cc satu silinder berpendingin udara. Jangan nyinyir dulu dengan angka kubikasi yang kecil. Sebenarnya, performa Suzuki Address justru lebih pas untuk penggunaan dalam kota daripada motor seperti NMAX atau PCX. Sebab, kubikasi yang kecil justru bikin konsumsi bahan bakar irit. Sudah begitu, kapasitas tangki bensin Suzuki Address adalah 5,2 liter. Kapasitas tangki bensin yang besar ini bikin kamu jadi makin jarang isi bensin, kan?

2. Bagasi Address Setara NMAX

Selain irit parah, keunggulan utama Address adalah bagasinya yang luas. Klaim Suzuki, tempat penyimpanan di bawah jok punya Suzuki Address bisa menampung barang sampai dengan 20,6 liter. Artinya, perangkat mulai dari lap, sarung tangan, sandal jepit, sampai dengan helm full face merek tertentu juga muat disimpan di sana.

Nah, apa yang bikin bagasi besar ini istimewa? Yang membuat bagasi Suzuki Address istimewa adalah karena fasilitas ini tidak dimiliki kompetitor Address di kelas yang sama, seperti Honda BeAT dan Yamaha Mio M3. Kalau bandingannya NMAX yang dibanderol sekitar Rp27 juta, baru deh kamu dapet bagasi sebesar ini.

3. Kompartemen Depan Fungsional: Muat Botol Minum

Selain bagasi yang terletak di bawah jok, Suzuki Address juga ternyata “lega di depan”. Maksudnya, dia punya tempat penyimpanan yang lumayan dalam di bagian depannya. Di dashboard Address, ada dua kompartemen yang tidak hanya muat untuk sekadar menaruh sarung tangan atau masker; dua “kantong” ini juga muat sebagai tempat meletakkan botol minum.

Kegunaan ini tentu penting kala kamu butuh tempat penyimpanan yang lebih praktis. Jadi, kalau kamu merasa haus di jalan dan ingin minum, misalnya, tidak perlu mematikan mesin, turun dari motor, dan membuka jok. Ambil saja botol minum itu dari kompartemen depan.

Suzuki juga tahu, orang Indonesia senang sekali mencantelkan sesuatu. Maka dari itulah, mereka menyediakan cantolan dashboard, sesuatu yang sebenarnya simpel tapi sangat membantu. Sebab, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh kantong belanjaan, misalnya kalau kamu sedang ingin membeli sesuatu di minimarket.

Sesuatu yang sekilas remeh tetapi sebenarnya fungsional, kan?

4. Harga Lebih Terjangkau

Bisa dibilang, Suzuki Address merupakan salah satu skutik entry level dengan harga yang cukup terjangkau. Harga Suzuki Address on the road Jakarta adalah Rp15,35 juta.

Coba bandingkan dengan Honda Beat yang dibanderol Rp100 ribu lebih mahal. Bandingkan pula dengan Yamaha Mio M3 yang selisihnya bisa mencapai Rp200 ribu. Lumayan, kan, bisa buat jajan aksesori?

Jadi, kalau mau beli skutik yang murah tetapi juga irit untuk kegiatan sehari-hari, Suzuki Address seharusnya bisa jadi pilihan, sih.

Sumber: https://review.bukalapak.com/auto/7-fakta-suzuki-address-skutik-yang-terlupakan-59691

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *