Tahun Sibuk Timnas Indonesia

Setelah dicabutnya sanksi FIFA terkait pembekuan sepakbola Indonesia. PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia menghadapi tahun sibuk di 2018. Di awal tahun 2018, Timnas Indonesia senior sudah menghadapi tim kuat Eropa, Islandia. Tim berjuluk Our Boys itu memang berhasil menang 4-1 atas Indonesia, pertandingan yang dilangsukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang baru selesai di renovasi.

SUGBK yang semula di proyeksikan untuk Asian Games 2018, akhirnya menjadi tempat uji coba internasional di tanggal 14 Januari. Standar internasional sudah menjadi kewajiban yang harus dan memang dimiliki oleh SUGBK.

Setelah pertandingan tersebut, PSSI kembali menatap kedepan dengan padatnya jadwal serta agenda yang harus diikuti Timnas Indonesia di berbagai jenjang umur. Berbagai event bergengsi akan di hadapkan pada Indonesia dan PSSI memasang target medali dan kemenanghan di beberapa event. Berikut list tahun sibuk Indonesia di bidang sepakbola tingkat Asia Tenggara:

  1. Tim Senior bakal mengikuti Piala AFF 2018 pada November-Desember
  2. Tim U-19 mengikuti Piala AFF U-18 pada Juli 2018
  3. Tim U-16 mengikuti Piala AFF U-16

Pada tingkat yang lebih tinggi yakni Asia, ada beberapa agenda penting seperti Piala AFC, Asian Games, dan Ujicoba berkelas. Diantaranya:

  1. Tim U-19 mengikuti Piala Asia U-19 sekaligus sebagai tuan rumah ajang ini.
  2. Tim U-16 mengikuti Piala Asia U-16
  3. Tim U-23 mengikuti Asian Games cabang sepakbola, sekaligus menjadi tuan rumah

Dengan sibuknya agenda tersebut, PSSI sebagai fenderasi memberi target kepada Timnas Indonesia diberbagai jenjang. Sebagaimana dituturkan oleh Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha. Timnas Senior ditargetkan menjadi juara Piala AFF 2018, Tim U-23 memiliki target untuk meraih posisi 4 besar di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Tim U-19 memiliki target berat untuk menjadi juara AFF U18 2018 dan empat besar Piala Asia U-19. Target berat juga ada pada jenjang umur U-16, mereka memiliki target juara AFF dan tiga besar Piala Asia.

Semua target yang dipatok PSSI tentu semata-mata untuk mengembalikan nama baik Indonesia di tingkat Internasional. Terutama menjadi top class di zona ASEAN.  Semua target tentu akan berhasil jika didukung oleh suporter setia tim Garuda. Diberbagai ajang tanpa absen selalu saja banyak orang Indonesia yang memberikan suport untuk Timnas Indonesia.

Selain itu Tim U-23 juga bakal menghadapi test event Asian Games 2018. Ini merupakan event penting untuk mengukur kekuatan tim yang dimiliki Indonesia. Tim senior juga bakal disibukkan dengan agenda uji coba Internasional. 2018 menjadi tahun tersibuk bagi PSSI, target telah diusung, sekarang saatnya bermain dan Juara. PSSI memberi target untuk menambah semangat bukan untuk membebani.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *