TANDA-TANDA PECANDU MEDIA SOSIAL

Media sosial secara umum bisa diartikan sebagai alat komunikasi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan informasi atau pesan. Selain itu, media sosial dimanfaatkan sebagai perluasan jaringan pertemanan, kepedulian, dan lain sebagainya. Namun,  tahukah Anda? Disadari atau tidak disadari, media sosial bisa menjadi penyebab seseorang menghabiskan banyak waktunya di depan layar. Lantas, seperti apa tanda-tanda pecandu media sosial  tersebut? Berikut pemaparannya:

  • Online dimanapun dan kapanpun

Seseorang pecandu media sosial, dirinya akan selalu memeriksa ponsel dalam situasi apapun. Bahkan saking dirinya tidak bisa terlepas dari ponsel, hingga akhirnya dirinya selalu membawa ponsel saat ke dalam toilet untuk membalas chat atau stalking seseorang yang dirinya anggap penting.

  • Tidak ada internet, perasaan gelisah

Dalam point kedua ini, seseorang yang sudah terbiasa terpaku di depan layar akan merasakan perasaan gelisah saat tidak ada internet. Hal ini sangat jelas menunjukkan bahwa dirinya telah menjadi pecandu media sosial.

  • Bangun tidur mengecek media sosial

Seseorang yang memiliki kecanduan terhadap media sosial, hal yang pertama dicari saat bangun tidur adalah handphone. Dirinya akan langsung mengecek media sosial apakah ada notification berapa orang yang sudah menyukai dan mengomentari postingannya.

  • Terdorong untuk selalu uploud gambar terbaik demi likes

Hampir setiap pecandu media sosial selalu ingin tampil narsis di depan public. Demi sebuah likes dirinya selalu merencanakan terlebih dahulu tema seperti apa yang akan dijadikan bahan outfit of the day hingga menghasilkan gambar yang terbaik untuk di upload.

  • Terdorong untuk selalu update status

Tidak hanya mengunggah gambar saja yang dibuat menarik, pecandu media sosial juga akan memikirkan kalimat yang tepat, bijak ataupun lucu untuk dijadikan status. Hanya demi sebuah status, pecandu akan memikirkannya berjam-jam atau bahkan hingga melakukan editing berkali-kali. Hal demikian bertujuan agar followers menyukai postingannya dan memberikan komentar.

  • Memposting setiap makan

Media sosial memang berfungsi sebagai sharing berbagai hal. Namun, tidak wajar jika setiap kali makan disuatu tempat selalu memotret makanan dan minuman  yang tidak ada manfaatnya untuk orang lain.

  • Semua orang harus mengetahui kegiatan setiap hari

Pecandu media sosial, akan bersifat aktif untuk selalu memposting kegiatan-kegiatan yang dirinya lakukan. Seolah-olah orang lain harus mengetahui kegiatan dirinya setiap hari. Dirinya akan merasakan  hal yang kurang saat ada moment yang terlewatkan untuk di upload.

  • Memberi tahu lokasi

Kemanapun dirinya pergi, pecandu media sosial selalu mencamtumkan lokasi yang terkenal hanya untuk menunjukkan dirinya telah berada di suatu tempat tersebut

  • Mudah dihubungi di media sosial

Seseorang yang sudah terpaku di depan layar, selalu cepat memberi likes hingga akhirnya orang lain mengetahui bahwa dirinya sangat mudah tanggap jika dihubungi melalu media sosial.

Itulah beberapa pemaparan tanda-tanda pecandu media sosial. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *