Berita Internet : Memahami Bahaya Internet Bagi Anak-anak

Ancaman bahaya internet bagi anak-anak bukanlah hal main-main. Ada banyak kemungkinan bahaya yang akan dihadapi anak-anak Anda, jika tidak diawasi dengan benar saat mengakses dan memanfaatkan berita internet. Karena itu, Anda perlu tahu benar dan memahami bahaya internet bagi anak-anak. Meski demikian, bukan berarti anak Anda akan menghadapi semua ancaman tersebut. Namun, mengetahui tentang bahayanya dapat membantu Anda dan anak-anak Anda membuat keputusan cerdas ketika mengakses internet.

Phishing

Jenis penipuan internet. Dimana scammer akan mencoba menipu Anda, dengan cara tertentu agar Anda memasukkan informasi pribadi. Pesan phising paling sering muncul pada email, pesan instan atau situs web. Sejumlah situs phising biasanya dirancang sangat baik agar menyerupai perusahaan yang sah. Karena itu, Anda perlu berhati-hati benar terhadap hal ini.

Pembajakan

Tidak hanya di dunia nyata saja, pembajakkan juga terjadi di dunia online. Pembajakkan di sini mengacu pada materi hak cinta yang didapat secara ilegal. Biasanya berupa lagu, musik, film, acara TV ataupun perangkat lunak. Mungkin efek dari hal ini tidak terlalu terasa bagi Anda. Tetapi, akan ada efek jangka panjangnya nanti. Terutama jika kemudian Anda berhubungan dengan dunia internasional atau bea cukai.

Cyber-stalking

Cyber-stalking adalah segala jenis pelecehan atau perilaku mengancam yang terjadi dalam jaringan. Kegiatan ini biasanya muncul melalui pesan instan, pesan teks, email, atau jejaring sosial. Jika pelaku adalah seorang anak atau remaja, sering disebut cyberbullying. Hati-hati, karena anak Anda bisa saja menjadi korban tanpa Anda sadari, atau justru sebaliknya jadi pelaku.

Baca Juga : BERITA INTERNET DAN MANFAAT DI DALAMNYA

Malware

Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak komputer Anda atau mencuri informasi pribadi Anda. Termasuk di dalamnya adalah jenis virus, spyware dan perangkat lunak berbahaya lainnya. Ancaman malware sering tidak main-main. Hal ini sering diam-diam dibundel dengan perangkat lunak lain bersamaan dengan proses download ataupun menginfeksi lampiran email. Jika Anda mendapatkan email berupa link yang tidak dikenal, hindari dan langsung hapus saja. Karena bisa saja itu adalah malware.

Cyberbullying

Cyberbullying adalah intimidasi yang terjadi secara online. Kadang dilakukan lewat pesan instan, pesan teks, email, dan jaringan sosial. Cyberbullies bisa saja memiliki usia tidajk jauh dari usia si korban, atau mereka mungkin lebih tua. Jika pelaku adalah orang dewasa, umumnya disebut cyber stalking atau cyberharassment.

Kecabulan

Berita internet adalah dunia yang benar-benar bebas. Ada banyak konten yang mungkin Anda tidak ingin anak-anak melihatnya. Beberapa diantaranya seperti pornografi, konten kekerasan ataupun  bahasa vulgar.

Terlalu Banyak Mengunggah Hal Pribadi

Anak-anak dan remaja umumnya suka membagi foto dan informasi mereka dalam rangka eksistensi. Dalam beberapa kejadian, hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk tujuan kejahatan. Karena itu, sebaiknya awasi dan selalu ingatkan anak untuk membatasi diri mengunggah segala macam informasi pribadi di internet. Termasuk juga mungkin foto memalukan untuk merusak reputasi seorang anak atau remaja. Karena nantinya, hal ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan sosial mereka atau bahkan dapat mempengaruhi mereka beberapa tahun kemudian ketika mereka melamar pekerjaan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *