Cara Bijak Menghadapi Perkembangan Teknologi Terbaru

Seiring dengan berjalannya waktu, manusia semakin dihadapkan dengan berbagai macam teknologi terbaru yang cukup mencengangkan. Layaknya seperti mata pisau, hadirnya teknologi baru di tengah-tengah kehidupan manusia memiliki dua sisi yang sangat bergantung dari cara menyikapi dari penggunanya. Teknologi bisa saja menjadi malaikat yang akan siap sedia membantu manusia mengerjakan segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Namun di sisi lain bisa menjadi setan penghancur jika tidak pergunakan dengan semestinya.

 Cara Bijak Menghadapi Perkembangan Teknologi Terbaru

Hadirnya teknologi memang sangat mempengaruhi perkembangan dunia, baik dalam konteks langsung maupun tidak langsung. Teknologi yang memang merupakan hasil penemuan mendalam dari manusia adalah kebutuhan vital yang tidak bisa ditinggalkan. Terlebih di era globalisasi ini yang menuntut setiap orang untuk berbaur dengan segala macam bentuk teknologi jika tidak ingin dikatakan gaptek. Tidak bisa menerima teknologi yang ada dengan baik sama saja dengan tidak mau beradaptasi dengan perubahan perkembangan zaman yang ada. Untuk itu agar kita tidak semakin tertinggal, bergerak dengan cepat seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Apalagi seperti yang kita ketahui, teknologi sangat luas cakupannya dan hampir menyentuh seluruh lini kehidupan.

Agar teknologi terbaru yang hadir tidak menjadi bumerang untuk diri sendiri, maka menggunakannya dengan cara bisa harus Anda lakukan. Seperti misalnya perkembangan teknologi internet yang saat ini semakin memudahkan manusia untuk berselancar di dunia maya. Dari yang semula untuk berinternetan membutuhkan effort yang sungguh besar, sekarang semakin dipermudah dengan hadirnya jaringan 4G LTE yang semakin memudahkan untuk berinternetan dengan lebih cepat. Hal ini juga ditunjang dengan hadirnya smartphone untuk memudahkan aktivitasnya. Dalam sekali genggam, teknologi internet mampu untuk dinikmati. Hadirnya teknologi internet yang semakin baik dari waktu ke waktu bisa Anda pergunakan untuk hal-hal yang positif, seperti memudahkan untuk mencari literatur untuk belajar, mengembangkan hobi yang positif, dlsb. Jangan sampai digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat, seperti menonton video porno, mengakses game-game yang mengandung unsur kekerasan, terorisme, spionase, sabotase, atau bahkan hacking.

Tidak bijak menggunakan teknologi yang ada tidak hanya akan berdampak merugikan diri sendiri saja, bahkan bisa merugikan bangsa dan negara. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah cybercrime terbanyak di dunia. Hal ini karena dilihat dari jumlah pemakai media teknologi informasi, Indonesia masuk dalam deretan lima besar dunia. Melakukan kejahatan di dunia maya bisa menyebabkan Anda berakhir di balik jeruji penjara.

Mengingat dampak yang ditimbulkan oleh teknologi terbaru cukup beragam, maka lebih bijaklah saat menggunakannya. Kita boleh saja berbaur dan beradaptasi dengan teknologi yang hadir. Namun hal ini harus dilakukan untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang di sekitar kita. Yang secara tidak langsung juga bisa bermanfaat untuk bangsa dan negara.

 

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *