Cara Memilih Harga Laptop Bekas Paling Tepat

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang mempunyai banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh banyak orang maupun institusi seperti kantor ataupun sekolah. Oleh karena itu penjualan laptop terus mengalami kenaikan setiap harinya dimana menunjukkan minat masyarakat yang tinggi akan pembelian berbagai jenis laptop.

harga laptop murah

Manfaat laptop yang dapat dirasakan oleh penggunanya antara lain sebagai berikut:

  • Menyelesaikan pekerjaan kantor atau sekolah

Keberadaan laptop sekarang ini perannya sangat penting karena dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor ataupun tugas kuliah maupun sekolah dengan program standard yang ada dalam laptop. Tugas tersebut umumnya memerlukan laptop untuk dapat mengetik dan membuat makalah untuk dikumpulkan atau memasukkan laporan keuangan dalam excel.

  • Sarana penunjang di kantor atau sekolah

Hampir setiap kantor atau sekolah akan mempunyai laptop atau komputer guna menunjang kegiatan yang ada di instansi tersebut. Kantor membutuhkan laptop sebagai sarana untuk pembukuan, membuat laporan, membuat surat menyurat, mengirim email, browsing dan membuat bahan presentasi. Sedangkan laptop di sekolah biasanya selain untuk kegiatan di kantor juga digunakan sebagai sarana belajar siswa mengenal komputer dalam pelajaran teknologi dan informasi.

  • Sarana hiburan

Laptop juga dapat digunakan untuk hiburan atau entertainment penggunanya seperti dengan bermain game, mengedit foto, menonton video, atau memutar musik. Laptop juga dapat digunakan untuk berinternetan yang dapat membuat banyak pengetahuan baru juga dapat digunakan untuk mencari penghasilan tambahan dengan kerja online seperti membuat artikel, menulis blog, atau berjualan online yang dapat menguntungkan tanpa mengeluarkan banyak modal.

Salah satu cara mendapatkan laptop dengan harga murah dan berkualitas baik adalah dengan cara membeli laptop bekas pakai. Keuntungan dari membeli laptop bekas adalah harga laptop yang lebih murah hingga setengahnya apabila dibandingkan apabila membeli laptop yang baru. Membeli laptop bekas juga dapat dimanfaatkan ketika Anda ingin membeli laptop dengan merk tertentu yang masih mempunyai harga tinggi di pasaran. Hal tersebut dapat disiasati dengan pembelian laptop merk yang Anda inginkan akan tetapi dengan kondisi setengah pakai sehingga harganya juga lebih terjangkau dengan dana yang telah dipersiapkan.

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli laptop bekas tersebut. Pertama adalah lihat kondisi fisik laptop bekas yang akan dibeli. Sehingga akan lebih baik untuk menghindari pembelian laptop bekas dengan cara online karena tidak dapat diamati dengan seksama. Akan tetapi pembelian laptop bekas dengan cara online boleh dilakukan asal bisa menerima COD atau bayar di tempat setelah barang diterima. Hal tersebut akan mengurangi kerugian dari pembeli ketika membeli laptop bekas.

Hal kedua adalah untuk dapat memeriksa kelengkapan dari laptop bekas tersebut. Mintalah dos, kartu garansi, charger, baterai, dan nota pembelian laptop untuk dapat mengetahui spesifikasinya dan akan menambah harga apabila akan dijual kembali. Selain untuk dapat dijual kembali kelengkapan laptop juga dapat membuktikan bahwa laptop bekas tersebut bukan barang curian sehingga akan berimbas jelek di masa depan.

Hal selanjutnya adalah tanyakan apakah laptop tersebut mempunyai kerusakan tertentu pada layar, touchpad, keyboard, speaker, charger, baterai, RAM, harddisk, dan cd drivenya. Jangan mudah percaya dan tergiur dengan harga laptop yang murah dan coba dulu performanya dengan menyalakan secara langsung dan mencobanya sendiri dengan mengetik atau bermain game agar akhirnya yakin untuk membeli laptop bekas tersebut.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *