Info Terkini Cara Aman Menjaga Data Transaksi Internet

Internet bukanlah tempat yang aman. Meski tidak bertemu langsung dengan orang-orang, internet tetap menyimpan bahaya kejahatan. Terutama bagi Anda yang biasa menggunakan internet atau melakukan transaksi melalui internet. Bukan hal aneh atau jarang, jika terjadi pencurian data-data internet. Bahkan bisa saja terjadi hingga merugikan pengguna internet itu sendiri. Karena itu, berikut ini akan dijelaskan Info Terkini Cara Aman Menjaga Data Transaksi Internet  yang wajib Anda tahu.

Pahami Benar Prosedur Transaksi

Sebelum melakukan jual beli ataupun transaksi secara online, pastikan Anda paham benar prosedur yang diberikan oleh toko online atau bank. Termasuk di dalamnya aspek-aspek penting sehubungan dengan keamanan data, sehingga data kita jatuh ke orang lain.

Dengan memahami prosedur transaksi, artinya Anda memudahkan diri sendiri dan menghindarkan diri dari potensi penipuan atau kejahatan lainnya. Anda bisa selalu mengecek transaksi yang terjadi dan memastikan tidak merugikan Anda.

Pastikan untuk Selalu Log Out

Log out adalah hal penting yang harus Anda lakukan setelah selesai menggunakan layanan toko online atau internet banking. Pastikan Anda melakukan hal ini sebelum meninggalkan browser atau meninggalkan komputer yang Anda gunakan.

Memang ada sejumlah situs yang secara otomatis melakukan log out ketika Anda menutup browser. Tetapi tidak sedikit juga yang tetap mengijinkan Anda untuk tetap log in.

Baca Juga : HATI-HATI SIMPANG SIUR BERITA ONLINE, INI TIPS DAPATKAN INFO TERPERCAYA

Lengkapi Anti Virus yang Selalu Aktif dan Up to Date

Anti virus dipasang pada perangkat komputer untuk mencegah masuknya virus spyware. Virus ini dibuat dan digunakan untuk merekam serta mencuri data-data Anda. Pastikan juga untuk selalu melakukan pengecekan, baik lewat aplikasi anti virus atau secara manual.

Hanya Komputer Pribadi untuk Transaksi Internet

Jika Anda hendak melakukan transaksi internet, pastikan selalu menggunakan komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking. Hindari pemakaian komputer yang biasa diakses orang lain, seperti warnet atau sejenisnya. Karena ada kemungkinan mereka bisa menggunakan keylog Anda, untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.

Pastikan Keamanan Hal-hal Penting

Pasword biasa digunakan dalam log in pada suatu situs atau web. Agar aman, pastikan Anda membuat pasword yang unik serta tidak mudah ditebak. Hindari menggunakan hal-hal umum di sekitar Anda untuk dijadikan pasword.

Selain pasword, pastikan juga Anda selalu menjaga informasi tentang nomor kartu kredit dan user ID. Jangan sembarang memberikan informasi pribadi ini pada sembarang situs yang belum bisa dipastikan validitasnya.

Demikian info terkini tadi beberapa tips cara aman menjaga data transaksi internet. Kontrol informasi yang beredar di internet sebenarnya ada pada diri Anda sendiri. Jadi, hati-hati memasukkan data ke internet. Jangan sampai digunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab dan justru merugikan diri Anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *