Inilah Keunggulan dan Kerugian Adanya Robot Canggih yang Perlu Anda Tahu

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat berbagai kegiatan manusia dapat lebih terbantu. Salah satunya adalah keberadaan robot canggih yang mulai dikembangkan membuat berbagai pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efektif. Keberadaan robot yang canggih menjadikan banyak orang yang memiliki kesibukan tinggi tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Berbagai manfaat adanya robot tersebut dapat dirasakan manusia. Meski demikian ada pula beberapa kelemahan dengan adanya robot ini sehingga harus benar-bear diperhatikan penggunaannya.

Inilah Keunggulan dan Kerugian Adanya Robot Canggih yang Perlu Anda Tahu

Jadi kelebihan dan kelemahan adanya robot bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakannya atau tidak. Bila manfaatnya lebih utama maka menggunakan robot yang canggih bisa dilakukan. Sebaliknya bila lebih banyak kerugiannya lebih baik jangan menggunakannya. Hal ini dilakukan agar pekerjaan tetap bisa dikerjakan dengan maksimal tanpa menimbulkan kerugian. Berikut adalah berbagai keunggulan dan kelemahan adanya robot canggih untuk manusia:

Baca Juga: ROBOT CANGGIH YANG ADA DI DUNIA UNTUK MILITER SAMPAI MENGGANTIKAN KERJA MANUSIA

  1. Meringankan pekerjaan. Manusia tidak harus melakukan pekerjaan berat karena telah dibantu dengan keberadaan robot yang canggih. Mulai dari pekerjaan rumah sehari-hari hingga pekerjaan yang melibatkan berbagai alat berat dapat dilakukan dengan baik melalui bantuan robot. Jadi manusia bisa terbantu berkat keberadaan robot yang digunakannya.
  2. Teknologi bisa termanfaatkan dengan baik. Dengan menggunakan robot sebagai alat yang membantu pekerjaan maka perkembangan teknologi bisa dimaksimalkan dengan baik. Perkembangan teknologi yang dimanfaatkan dengan baik akan membuat inovasi baru lagi muncul. Dengan semakin banyaknya inovasi yang muncul maka segala pekerjaan sulit bisa diselesaikan dengan lebih baik.
  3. Peran manusia tergantikan. Dengan adanya robot meski bisa meringankan pekerjaan manusia tetapi bisa menggeser peran manusia. Pekerjaan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh manusia digantikan oleh robot sehingga manusia kehilangan pekerjaannya. Penggunaan robot kurang sesuai diterapkan di negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi karena bisa meningkatkan jumlah pengangguran. Oleh karenanya robot digunakan pada kebutuhan yang tepat. Pekerjaan yang tidak mampu dilakukan manusia bisa digantikan oleh robot sehingga bisa saling membantu satu sama lain.
  4. Ketergantungan pada fungsi robot. Apabila penggunaan robot semakin meluas menyebabkan manusia akan semakin rendah tingkat mobilitasnya. Berbagai pekerjaan yang telah diselesaikan oleh robot membuat manusia semakin malas. Oleh karenanya sebaiknya gunakan robot untuk mengerjakan pekerjaan yang memang benar-benar dibutuhkan. Dengan demikian kinerja tubuh tetap berjalan dengan baik karena dimaksimalkan dengan baik.

Dengan kebermanfaatan adanya robot canggih memang memudahkan beragam pekerjaan. Akan tetapi harus diperhatikan pula kelemahannya karena bisa berdampak buruk dalam kehidupan manusia. Dalam penerapannya teknologi merupakan hanyalah alat, bukan tujuan. Dengan menerapkan prinsip ini maka penggunaannya pun bisa dilakukan dengan tepat. Jadi manusia lah yang memanfaatkan perkembangan teknologi, bukannya menjadi kecanduan dengan beragam peralatan canggih yang muncul.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *