Istilah-Istilah yang Biasa Digunakan dalam Dunia Internet

Bagi Anda yang baru menggunakan internet kadang menemukan beberapa istilah yang baru didengar atau baru Anda ketahui. Ada baiknya selain menggunakan internet juga mengetahui istilah yang banyak digunakan dalam dunia internet, hal tersebut agar pengetahuan mengenai internet semakin berambah. Yuk, simak beberapa istilah penting di jaringan internet berikut ini:

  • Bandwidth

Tentu Anda pernah mendengar istilah bandwidth. Istilah bandwidth di dunia internet merujuk pada data transfer atau site traffic, merupakan konsep perhitungan konsumen data dalam dunia atau sistem telekomunikasi. Secara sederhana bandwidth adalah jumlah keselulurh data yang keluar masuk pada akun internet milik Anda. Biasanya hitungannya menggunakan satuan bit per detik atau bps.

Jika jumlah bandwidth besar maka semakin besar juga kecepatan mentransper data yang bisa Anda lakukan. Besarnya jumlah bandwidth menjadi daya tarik pengguna internet, oleh sebab itu sekarang banyak penyedia layanan internet yang menawarkan bandwidth yang besar.

  • Hyper Text Transfer Protocol atau HTTP

HTTP adalah salah satu istilah yang banyak ditemukan, terutama jika sedang membuka situs/ web di internet.  HTTP adalah bahasa pemprogaman untuk membuka halaman website. Fungsi HTTP aalah untuk mengatur berbagai aksi yang dilakukan oleh web browser dan server.

Jadi saat kita mengetik kode URL pada browser, saat itulah browser akan mengirim perintah ke HTTP di web server. Dengan adanya perintah itulah kemudian diterima oleh web server lalu diterjemahkan menjadi tampilan web/ blog yang akan kita buka.

Baca Juga : 4 INFORMASI TERBARU DALAM MEMBUAT WEBSITE ANDA MENARIK

  • Domain Name System atau DNS

DNS adalah sistem yang digunakan menyimpan informasi mengenai host atau domain melalui jaringan TCP/IP.  Penemu DNS adalah Paul Mockapetris, tahun 1983. DNS ibarat sebuah buku telepon yang menyimpan semua data yang terhubung dengan jaringan internet. Dengan adanya DNS pada saat Anda menghubungkan komputer dengan internet, DNS akan melakukan pengecekan IP andress sehinnga komputer Anda bisa terhubung dengan jaringan internet.

  • Wireless Fidelity atau Wifi

Wifi adalah istilah yang digunakan untuk mengakses internet secara gratis dengan memanfaatkan jaringan nirkabel. Istilah wifi pertama kali digunakan pada tahun 1999. Awalnya istilah yang digunakan adalah high fidelity atau Hifi.

Berdasarkan cakupan wilayah, wifi bisa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, Pertama adalah Wereless Local Area Network (WLAN) menggunakan frekusensi 2.4 GHZ dan yang Kedua adalah: Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) yang cakupan frekuensinya lebih luas yaitu sebesar 5GHZ.

  • World Wide Web atau WWW

WWW adalah istilah dunia internet yang digunakan oleh URL untuk mengidentifikasikan berbagai jenis konten yang ada di internet.  Istilah www pertama kali pada tahun 1989 oleh Bernes dan Lee. Awalnya mereka hanya membuat sistem yang berfungsi merapihkan arsip-arsip penting. Namun ternyata sistem yang mereka buat sekaligus bisa menghubungkan arsip yang terkait dan menjadi cikal bakal web modern yang kita kenal sekarang ini

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *