Keunggulan dan Kelemahan Dunia Online yang Perlu Anda Tahu

Kecanggihan teknologi telah berakibat pada munculnya dunia baru berupa dunia online. Dunia tersebut memanfaatkan jaringan internet sebagai media untuk menghubungkan dunia menjadi satu. Siapa saja bisa masuk dalam dunia ini, mulai dari anak-anak hingga orang tua asalkan memiliki perangkat yang terkoneksi dengan internet. Dunia yang tiada batas tersebut memiliki banyak keunggulan sekaligus kekurangan yang bisa Anda ketahui.

Keunggulan dan Kelemahan Dunia Online yang Perlu Anda Tahu

Keunggulan dan kekurangan dunia online bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memanfaatkan dunia tersebut. Dunia tersebut bisa sangat bermanfaat bila bijak dalam menggunakannya. Berikut adalah keunggulan dan kelemahan dunia yang maya tersebut:

Keunggulan:

  • Alat transportasi paling cepat. Dengan berada di dunia maya ini maka berpindah tempat bisa dilakukan dalam waktu yang super singkat.
  • Informasi sangat mudah diperoleh. Keunggulan yang menonjol adanya dunia maya ini adalah beragam informasi yang ingin diperoleh bisa dengan mudah didapatkan di dunia maya. Tanpa membuang banyak waktu dan biaya beragam informasi yang diinginkan dapat diperoleh secara cepat.
  • Komunikasi jarak jauh lebih efektif. Adanya dunia maya ini kegiatan komunikasi lebih mudah dan cepat terutama komunikasi jarak jauh. Jarak tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan komunikasi dengan baik. Perkembangan alat komunikasi yang sangat pesat menjangkau seluruh dunia untuk bisa melakukan komunikasi dengan maksimal.
  • Media pemasaran yang paling besar. Bagi orang yang sedang membuka suatu bisnis, pemasaran yang paling mudah dan murah adalah dengan melakukannya di dunia maya ini. Pasaran yang sangat luas membuat dunia maya ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk memasarkan produknya.

Baca Juga:7 FAKTA TENTANG DUNIA ONLINE YANG JARANG DIKETAHUI MASYARAKAT

Kekurangan:

  • Kriminilitas meningkat. Adanya dunia yang memungkinkan orang tidak berinteraksi secara langsung memberikan peluang yang lebih besar untuk melakukan beragam tindak kriminal yang merugikan pihak lain.
  • Mengurangi interaksi sosial. Dengan adanya dunia maya banyak orang kecanduan sehingga interaksi sosial secara langsung makin berkurang.
  • Mengganggu privasi. Bagi orang yang menggunakan dunia maya untuk hal yang tidak baik bisa saja mengganggu bahkan merusak privasi orang lain.
  • Banyaknya virus. Keberadaan dunia maya juga menjadi media efektif untuk menebarkan beragam jenis virus komputer yang bisa merusak berbagai jenis perangkat yang menggunakan koneksi ke dunia maya.

Dengan adanya keunggulan dan kekurangan dalam dunia online tersebut Anda bisa menilai mana yang lebih baik bagi Anda. Apabila manfaatnya sangat berguna bagi Anda maka tidak ada salahnya Anda memanfaatkannya dengan baik. Sebaliknya bila Anda hanya akan memperoleh kelemahannya lebih baik hindari penggunaan dunia maya. Utamakan interaksi sosial dibandingkan interaksi dalam dunia maya. Manfaatkan dunia maya sebagai media yang membantu aktifitas keseharian Anda sehingga kehidupan sosial Anda tidak akan terganggu.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *