Pengaruh Dunia Internet Terhadap Hobi Traveling Masyarakat

Sejak internet naik daun dan didukung dengan kemunculan ponsel berbasis android yang dapat mengakses internet dengan cepat, membuat setiap orang bisa mengakses beragam hal dengan mudah. Dan ini ternyata berdampak pula terhadap peningkatan minat masyarakat untuk berwisata atau traveling. Dunia internet memang bukan menjadi faktor pendorong utama, akan tetapi internat termasuk faktor penting yang membuat hobi traveling masyarakat meningkat pesat.

Jika dulu masyarakat berwisata hanya ketika berwisata bersama keluarga atau berwisata bersama teman-teman sekolah. Maka sekarang banyak pula orang yang melakukan wisata seorang diri. Bahkan, karena keberadaan internet pula, sebutan traveling pun lebih sering digunakan dibandingkan berwisata, dan traveler lebih lazim disebut dibandingkan turis atau wisatawan.

Pengaruh dunia internet memang besar, misalnya sebagai media referensi destinasi wisata. Jika dulu masyarakat hanya mengenal tempat-tempat wisata mainstream yang sudah banyak dikenal, maka kini banyak bermunculan tempat-tempat wisata baru yang sebelumnya belum diekspos.

Saat ini, jika seseorang sedang berada di sebuah tempat wisata, pasti yang dilakukan adalah berfoto kemudian mengunggahnya di internet, seperti di akun pribadi media sosial, seperti di facebook, twitter, serta instagram. Apabila gambar atau foto yang diambil tersebut bagus, atau istilah zaman sekarang adalah instagramable, maka akan banyak orang yang tertarik untuk datang pula ke destinasi wisata tersebut.

Bahkan, tak jarang, karena inginnya berfoto hitz di tempat tersebut membuat para wisatawan atau traveller tak mengindahkan aturan. Hal ini salah satunya bisa dilihat pada wisata bunga amarylis yang ada di Jogja. Hanya karena ada seseorang yang berfoto indah dengan latar bunga tersebut, membuat banyak orang juga ingin melakukan hal yang serupa, dan yang mengejutkan hanya dalam tempo beberapa hari ribuan orang datang untuk berfoto, namun hasilnya sungguh menyedihkan, kebun bunga itu rusak dan terinjak-injak oleh para wisatawan yang tak bertanggung jawab. Adanya kerusakan bunga ini memang bukan salah internet, melainkan kesalahan orang-orang yang tak bisa bertanggug jawab terhadap lingkungan.

Baca Juga : TIPS KEREN MEMULAI BISNIS INTERNET UNTUK PEMULA

Selain menyebarkan informasi mengenai tempat wisata, internet juga memiliki manfaat untuk membantu para traveller ketika berwisata, misalnya untuk memesan hotel, membeli tiket perjalanan, mencari info wisata, serta bisa juga untuk panduan perjalanan menggunakan GPS, sehingga tak perlu khawatir tersasar atau salah jalan.

Info-info destinasi wisata, harga tiket masuk tempat wisata, info restoran atau tempat oleh-oleh juga dapat dengan mudah dilihat di internet, sehingga traveler tak perlu bingung ketika ingin berwisata.

Dunia internet memang menjadi seperti pisau bermata dua, apabila kita menggunakannya dengan baik maka akan bermanfaat, namun apabila tidak digunkan dengan baik, maka akan melukai. Oleh karena itu, internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar tidak membawa keburukan bagi penggunanya dan orang lain.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *