Perkembangan Teknologi Terbaru Di Indonesia

Sebagai negara dengan wilayah yang luas serta penduduk yang banyak, Indonesia sudah sepatutnya memiliki teknologi yang maju. Hal yang paling dan harus dimiliki sebuah negara sebagai bentuk kemajuan yaitu teknologi yang memadai. Banyak negara-negara eropa yang sudah memakai sistem canggih dalam berbagai urusan.

Bagaimana dengan perkembangan teknologi di Indonesia sebagai negara berkembang? Kali ini akan dibahas mengenai teknologi di bidang komunikasi dan kesehatan. Manusia dibentuk oleh proses sosial berupa kecakapan berbahasa yang baik. Hal ini digunakan untuk berkomunikasi, sedangkan komunikasi sendiri merupakan penyamaan makna dari komunikator ke komunikan. Berbagai ragam bahasa, teknik komunikasi hingga teknologi komunikasi mendukung terjadinya interaksi secara global dan menyeluruh.

Pada bidang komunikasi khususnya alat komunikasi, dan lebih spesifik lagi ialah fasilitas teknologi berupa jaringan internet. Dulu kita mengenal istilah Edge, HSPA, hingga format 3G. Namun pada awal tahun 2018, teknologi 3G sudah berganti menjadi 4G dengan kecepatan internet yang lebih baik. Banyak developer jaringan komunikasi menyediakan jaringan ini sebagai andalan mereka. Seperti Smartfren yang mengambil kebijakan menghapus jaringan 3G di telpon seluler mereka.

Terlebih 4G dianggap sebagai jaringan paling stabil di Indonesia. 4G LTE merupakan internet yang mengusung Long Term Evolution. LTE ini memakai akses data untuk komunikasi nirkabel dengan berbasis GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Sedangkan 4G merupakan fourth generation technology.

Penamaan 4G hanya karena ini merupakan teknologi keempat telpon seluler. Sebagian developer penyedia jaringan mengaku bahwa 4G memiliki kecepatan 10 kali lipat 3G. Suatu kecepatan jelajah internet yang sangat luar biasa. Jaringan ini hampir bisa digunakan disemua pada smartphone, tablet, netbook, dan wireless yang berbasis jaringan 4G. Untuk kecepatan sendiri 4G LTE dimulai dari 100Mbit perdetik sampai 1Gbit perdetik.

Dikota-kota besar sudah menjadi hal lumrah menggunakan 4G, namun untuk beberapa wilayah Indonesia yang jauh dari ibu kota jaringan ini kadang tidak begitu mendukung. Akan tetapi, secara keseluruhan jaringan 4G hampir bisa mencapai seluruh wilayah Indonesia. Dengan jaringan Internet yang baik akan membuat hubungan komunikasi di Indonesia akan terjadi secara global dan terbuka. Tentu akan banyak tantangan, berupa hal positif dan negatif, semua ini tergantung keputusan bijak berteknologi secara individu.

Pada bidang kesehatan, perkembangan teknologi berupa Robotic Surgery Indonesia. Teknologi ini mulai diterapkan di Indonesia sebagai tanggapan dalam hal kecepatan menangani penyakit penyakit yang membutuhkan pembedahan. Penyembuhan melalui pembedahan memang memerlukan ketelitian, sehingga hadirnya teknologi ini sangat membantu dalam proses pengobatan.

Penggunaan teknologi ini dibidang kesehatan tentu sangat membantu untuk mengurangi resiko infeksi, adanya luka besar bekas operasi, serta pemulihan yang lama.

Perkembangan teknologi di dua bidang ini, alat komunikasi dan kesehatan menunjukan bahwa Indonesia sebagai negara berkembang memiliki fasilitas teknologi canggih. Tidak hanya itu, teknologi yang ada di Indonesia terbukti memberikan banyak kemudahan, terkhusus untuk 4G LTE dalam bidang komunikasi dan Obotic Surgery Indonesia di bidang kesehatan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *