Sejarah dan Perkembangan Dunia Internet

Asal kata internet adalah Internasional Network yang artinya jaringan internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan. Mengapa internet disebut jaringan internasional? Alasannya karena dunia internet menghubungkan komputer dengan jaringan komputer lainnya yang ada di seluruh belahan dunia menjadi sebuah jaringan yang besar.

Istilah inter juga bisa berarti hak yang sama. Artinya, semua pengguna internet bebas memasuki tanpa harus terikat aturan negara tertentu dan tidak dibatasi oleh batas teritorial.

Tidak dipungkiri, hadirnya dunia internet memberikan perubahan pada kehidupan manusia. Peranan internet yang sangat penting sebagai sumber informasi dan sarana komunikasi.

Aplikasi Dalam Internet

Ada banyak aplikasi yang bisa diakses di internet, salah satunya yang popular adalah email atau surat elektronik. Penggunaan aplikasi ini untuk menunjang sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk surat elektronik. Selain mengirim surat dalam bentuk teks, email bisa digunakan untuk mengirim data berupa gambar, foto, video dan suara.

Selain email ada banyak aplikasi lainnya, seperti: www, internet relay chat (IRC), blogging, www, media sosial (twiter, facebook dsb).

Sejarah Perkembangan Internet

Internet sudah ada jejak tahun 1969. Awal mulanya tujuan dibuat internet  karna kekhawatiran DPAS atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir. Karena khawatir DPAS mendorong penelitian bagaimanan menghubungkan komputer dalam satu instalasi.

Baca Juga : BISNIS INTERNET USAHA SAMPINGAN UNTUK MAHASISWA

Pada tahun 1962 melalui proyek ARPA atau Advanced Research Project Agency yang diketuai oleh Josep Licklider  melakukan penelitian milik DPAS. Mereka melakukan percobaan dan mendemonstrasikan bagaimana hadware dan software komputer dengan basis UNIX bisa melakukan komunikasi jarak yang tidak terhingga melalui jaringan atau saluran telepon.

Proyek tersebut merancang bentuk jaringan, keungguklan dan seberapa besar informasi yang mampu dipindahkan. Semua hal tersebut menjadi cikal bakal pembangunan protocol yang sekarang kita kenal dengan istilah IP/ TCP.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tujuan proyek tersebut adalah untuk tujuan militer guna mengantisipasi terjadinya serangan nukril dan menghindari komunikasi terputus.

Awal mulanya ARPANET menghubungkan jaringan ke 4 situs saja, tepatnya pada tahun 1969 yaitu:

  • Stanford Research Instiute,
  • Santa Barbara
  • University of California dan
  • University of Utah

Secara umum protek ini diperkenalkan pada tahun 1972. Tidak lama setelah itu proyek tersebut semakin berkembang pesat dan tersebar di seluruh daerah bahkan semua universitas di negara tersebut bergabung.

Karena situasi tersebut ARPANET kemudian dibagi menjadi dua, yaitu: ARPANET untuk non militer dan MILNET untuk keperluan militer. Sedangkan gabungan keduanya disebut DARPA Internet yang kemudian istilahnya kita kenal sekarang “internet”. Semoga pembahasan singkat mengenai seputar dunia internet ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *