Sekilas Chipset Snapdragon Keluaran Qualcomm

Prosesor smartphone saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan akan kecepatan yang diinginkan para pengguna ponsel pintar. Qualcomm sebagai pemimpin teknologi di dunia mobile menyediakan kebutuhan ini dengan chip yang dikenal dengan Snapdragon. Di pasaran, chip Snapdragon sudah digunakan oleh banyak produsen smartphone dan tablet terkemuka.

Qualcomm Snapdragon
Qualcomm Snapdragon

Keunggulan dari aplikasi Snapdragon adalah konsumsi daya yang lebih rendah, performa yang baik, mendukung koneksi 4G, tampilan HD (720p), dan kecanggihan teknologi GPS. Saat ini, Snapdragon 801 dan Snapdragon 800 banyak digunakan di pasaran oleh merek-merek terkenal seperti Samsung, Sony Xperia, HTC, Oppo, LG, Xiaomi dan lainnya. Dalam waktu dekat, Qualcomm sudah menyiapkan seri selanjutnya yaitu Snapdragon 805 dan 810 yang siap unjuk gigi di pasaran.

Di Indonesia, Qualcomm bekerja sama dengan operator lokal seperti Telkomsel, XL, Indosat dan PT Internux dalam peluncuran perangkat mobile mereka untuk migrasi 3G menjadi 4G LTE, mengoptimalkan jaringan, mengembangkan teknologi wireless dan bentuk kerja sama lainnya. Kedudukan Qualcomm memang sangat diperhitungkan sebagai pengembang teknologi terkini di dunia.

Salah satu merek smartphone yang menggunakan chipset ini adalah Samsung. Ponsel Android Samsung menggunakan chipset Snapdragon pertama yaitu Snapdragon S1 pada perangkat Samsung Galaxy Y (CDMA). Hal ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa Android Samsung menjadi salah satu primadona di dunia gadget saat ini. Walaupun di pasaran harga hp samsung memang terbilang tidak murah.  Namun, dari segi performa tentu tidak akan mengecewakan.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *