Teknologi Terbaru Pengganti Jaringan Wi-Fi

Jika berbicara tentang jaringan internet, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Wi-Fi. Persebaran Wi-Fi kini sudah dimana-mana dengan kebutuhan akan jaringan internet yang semakin meningkat. Namun, apakah Anda sudah mengetahui mengenai teknologi terbaru yang nantinya bakal menggantikan Wi-Fi?

Teknologi Terbaru Pengganti Jaringan Wi-Fi

Teknologi yang sampai saat ini masih dalam masa percobaan untuk menggantikan Wi-Fi adalah Li-Fi. Teknologi nirkabel ini digadang-gadang akan menggantikan Wi-Fi yang sekarang ini keberadaannya begitu tenar.

Keunggulan Jaringan Nirkabel Li-Fi

Tidak tanggung-tanggung, kecepatan yang dimiliki oleh teknologi terbaru nirkabel ini dalam hal mengirim data dengan sangat cepat mencapai 1 Gbps atau 1 Gigabyte per second. Tidak mengherankan jika nantinya teknologi ini mampu bekerja 100 kali lebih cepat dibandingkan kecepatan Wi-Fi saat ini. Dengan kecepatan mengirim data yang super cepat yang dimiliki oleh Li-Fi, tidak diragukan lagi kalau nanti Anda bisa mengakses internet dengan begitu mudah. Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama dalam hal mengunduh file berukuran besar. Terlebih lagi bagi yang suka streaming tidak akan mengalami yang namanya buffer.

Teknologi terbaru Li-Fi sekarang masih terus dalam tahap percobaan. Estonia menjadi tempat untuk menguji coba perangkat wireless ini dan diujicobakan pada startup bernama Velmenni. Dari startup tersebut, jaringan nirkabel ini disalurkan ke beberapa lokasi seperti perkantoran dan industri.

Teknologi ini memiliki keunikan dengan menggunakan bohlam LED. Bohlam tersebut nantinya akan mengedipkan cahaya sebagai tanda saat data ditransfer hanya dalam hitungan nanoseconds. Karena begitu cepatnya kedipan lampu saat proses berlangsung, mata manusia tidak akan bisa mengikutinya.

Sudah Dikembangkan dari Beberapa Tahun yang Lalu

Teknologi Li-Fi ini sebenarnya sudah dikembangkan dari tahun 2011 oleh professor dari Universitas Edinburg. Meskipun begitu, teknologi ini hingga sekarang masih terus dikembangkan.

Dalam hal jangkauan, Li-Fi masih kalah. Wi-Fi memiliki jangkauan lebih luas karena mampu menembus dinding. Sedangkan Li-Fi memiliki jaringan sebatas satu ruangan saja. Namun, jangkauan yang terbatas tersebut menghasilkan sistem keamanan yang lebih sulit ditembus. Di samping itu, Li-Fi dinilai lebih ramah lingkungan dan efisien.

Teknologi terbaru nirkabel ini juga tidak hanya difungsikan sebagai penghasil jaringan internet saja. Bohlam LED yang ada juga bisa digunakan sebagai lampu penerangan biasa.

Hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti kapan teknologi Li-Fi dapat digunakan secara massal. Namun, teknologi ini masih akan terus dikembangkan untuk menyambut datangnya era IoT (Internet of Things).

Coba saja Anda bayangkan suatu saat nanti saat teknologi terbaru Li-Fi sudah dapat digunakan. Anda tidak perlu lagi menunggu proses yang lama dalam mengakses jaringan internet. Transfer data dan juga streaming video akan terasa lebih lancar. Semoga teknologi nirkabel Li-Fi bisa dinikmati dalam waktu dekat ini.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *