Tips Cantik Dari Dalam untuk Wanita Modern

Seperti halnya dunia nyata, dunia online ternyata juga tidak benar-benar aman dari berbagai kejahatan. Karena itu, Anda perlu berhati-hari saat menjelajah di dunia online. Berikut ini beberapa Tips Aman Menjelajah Dunia Online yang bisa Anda coba.

Gunakan Media Sosial dengan Bijak

Media sosial pada awalnya diciptakan untuk berhubungan satu sama lain dengan orang lain. Tetapi kemudian berkembang jadi tempat berbagi hal-hal pribadi. Hati-hati berbagi informasi pribadi di media sosial. Hindari memberikan informasi pribadi yang bisa memicu adanya kejahatan.

Untuk menyiasati hal tersebut, caranya dengan mengubah setelah kemanan pada akun sosial media. Anda bisa mengubahnya menjadi menjadi private untuk akun selain teman. Selain itu, jangan mudah terima akun asing yang mengirimi permintaan pertemanan, serta tetap waspada dengan kegiatan-kegiatan yang mencurigakan.

Waspada Transaksi Online di Internet

Suka belanja online atau melakukan kegiatan transaksi banking secara online? Sebaiknya Anda waspada dan selalu hati-hati. Sebelum melakukan transaksi apapun, sebaiknya cek website yang dituju. Hati-hati juga dengan kegiatan phising yang bisa digunakan untuk penipuan.

Tips bagi Anda, hindari transaksi online lewat jaringan publik. Hal ini karena rawan terjadi pencurian data lewat keylogger. Dan pastikan website yang Anda gunakan untuk transaksi sudah menggunakan protokol “https“, tidak hanya “http“.

Gunakan Cloud Untuk Back-up

Teknologi satu ini membantu Anda untuk mendapatkan keamanan yang cukup baik terhadap data-data Anda di internet. Sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Amazon sudah memanfaatkan teknologi ini untuk membantu klien merasa lebih aman. Selain faktor keamanan, melakukan penyimpanan file pada cloud ternyata juga dapat menghemat biaya dan tempat.

Baca Juga : BERITA INTERNET : MEMAHAMI BAHAYA INTERNET BAGI ANAK-ANAK

Fitur factory reset digunakan untuk mengembalikan perangkat ponsel seperti semula, sedangkan drive wiping digunakan untuk membersihkan file yang pernah terhapus dan file lainnya yang sifatnya history dan junk secara permanen.

Layanan ini penting Anda ketahui dan harus dilakukan jika terpaksa menjual atau membuang perangkat gawai yang pernah Anda miliki. Karena biasanya, orang akan tidak peduli lagi pada gawai yang sudah tidak jadi miliknya tetapi tanpa sadar masih menyimpan beberapa data pribadi di sana yang bisa saja dimanfaatkan orang lain.

Matikan Bluetooth dan WiFi Ketika Tidak Digunakan

Saat tidak digunakan, sebaiknya matikan bluetooth dan wifi pada gawai Anda. Ini karena, perangkat tadi ternyata juga bisa digunakan sebagai akses tindak kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, sebaiknya gunakan VPN jika akan mengakses WiFi publik.

Proteksi Password

Pasword adalah salah satu cara untuk menjamin keamanan akun Anda di dunia online. Meski demikian, pasword yang berasal dari hal-hal di sekitar Anda yang mudah ditebak, sebaiknya dihindari. Pilih pasword yang sama sekali sulit diprediksi untuk keamanan Anda.

Gunakan Dua Langkah Otentikasi

Langkah otentifikasi berlipat ditawarkan untuk menjamin keamanan pengguna. Fitur ini memaksa pengguna untuk memasukkan kode yang dikirimkan ke perangkat mobile untuk bisa masuk ke halaman akun pengguna atau memasukan email alternatif atau yang lainnya.

Jadi jika ada seseorang yang mencoba login ke akun Anda dari perangkat yang tidak dikenal, maka perlu menggunakan verifikasi tambahan. Anda juga dapat melihat jika ada aktifitas login dari lokasi tertentu yang tidak dikenal.

Be Sociable, Share!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *