Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke Jogjakarta, tidak lengkap rasanya jika tidak menjajal berbagai macam kulinernya. Jogjakarta memang popular dengan empat wisata yang mempesona, namun dalam urusan kuliner, Anda harus mencoba menu-menu khasnya. Beberapa diantaranya dianggap legendaris dan digemari oleh pengunjung karena cita rasa khas yang tidak pernah berubah walau ini tidak lagi dikelola di tangan generasi pertama pendirinya. Maka, jika Anda ke Jogjakarta jangan melewatkan kuliner Jogja berikut ini.

Tempat Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi

Mungut Lele Mbah Marto

Kuliner Jogja yang satu ini merupakan salah satu kuliner khas Kota tersebut. Anda bisa menemui warung mungut lele di berbagai lokasi yang berbeda, salah satunya di Jalan Parangtritis Km. 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul. Tempat ini sudah mulai menjalankan operasinya sejak tahun 1945. Sementara pengolahan mungut lele ini adalah dengan diasap dan kemudian dimasak menggunakan kuah santan kuning. Menariknya, Anda bisa masuk ke tempat memasak ini dan menikmati hidangan yang secara langsung. Harganya juga terbilang murah, yakni Rp 20,000.- dan buka setiap hari pukul 09.00 – 16.00.

Angringan Lik Man

Kota Jogjakarta memang tidak pernah lepas dari deretan angringan yang melegenda. Salah satu yang paling popular adalah Angringan Lik Man. Sudah ada sejak tahun 1960, angkringan ini bisa dibilang merupakan pelopor angringan di Jogja. Anda bisa menemukannya di Jalan Wongsodirjan, Gentongtengen, Sosromenduran. Kopi Joss adalah salah satu menu andalan yang disediakan. Yakni segelas kopi hitam yang disajikan dengan tambahan arang membara. Anda juga bisa menikmati sate usus, gorengan, dan telur puyuh sebagai pelengkap.

Gudeg Mbah Lindu

Tentu Anda sudah tidak asing dengan yang namanya gudeg. Salah satu makanan khas yang bisa Anda temukan di setiap sudut kota Jogja. Maka jangan lupa mampir ke Gudeg Mbah Lindu jika Anda sedang berada di kawasan Sosrowijayan. Nama gudeg ini diambil dari nama pemiliknya sendiri. Mbah Lindu meracik bumbunya sendiri sehingga memiliki cita rasa yang sama. Kini, usia mbah Lindu sudah hampir seratus tahun, namun beliau masih aktif melayani pelanggan. Dalam satu porsi gudeg dijual dengan harga Rp 15,000.- hingga Rp 20,000.-. Agar tidak kehabisan, sebaiknya Anda datang di pagi hari antara pukul 05.00 sampai 10.00.

Sambel Welut Pak Sabar

Apakah Anda termasuk penggemar makanan pedas? Jika iya, Anda harus datang ke Sambel Welut Pak Sabar yang berada di Jalan Imogiri Barat Km. 6, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1990 silam. Sesuai dengan namanya, welut atau belut yang digoreng di sini diolah layaknya membuat sambal. Belut yang sudah digoreng ini diulek bersama cabai, garam, dan bawang putih. Ditambah juga dengan kencur untuk menghasilkan aroma yang sedap. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20,000.- untuk menikmati hidangan ini. Sambel Welut Pak Sabar buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *