Tentukan Diet Sehat Anda Secara Tepat dengan Mencermati Poin Penting Ini

Selain berolahraga, cara lain menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Diet merupakan cara mengatur pola makan, apa saja yang masuk ke dalam tubuh agar seimbang. Tentunya, pola diet sehat adalah diet yang bukan sekedar mengurangi makanan, melainkan memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Tentukan Diet Sehat Anda Secara Tepat dengan Mencermati Poin Penting Ini

Namun, sayangnya pola pikir kebanyakan orang mengenai diet selama ini selalu kurang tepat. Mereka berpikiran poin penting dari diet adalah sekadar untuk menurunkan berat badan. Alhasil banyak di antara mereka yang salah memilih metode diet. Alih-alih berhasil menurunkan berat badan, justru menimbulkan dampak buruk bagi kesehatannya.

Sebelum melakukan diet sehat, ada baiknya Anda memahami beberapa poin penting ini:

Sebenarnya diet itu apa?

Sebelum Anda menentukan cara diet yang akan dijalani, sebaiknya ketahui dulu apa arti diet sebenarnya. Banyaknya anggapan bahwa diet adalah kebiasaan makan yang dibatasi supaya berat badan turun berdampak buruk pada kebiasaan wanita yang sedang melakukan diet. Padahal, anggapan ini kurang tepat. Kini, begitu banyak jenis atau pilihan diet yang beredar di masyarakat terutama untuk menurunkan berat badan. Banyak jenis diet yang disarankan oleh konsultan kesehatan, sering perbincangan yaitu Diet Atkins, Diet Puasa (intermittent diet),Diet Vegetarian, Diet Mediterranian dan Raw food diet.

Apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih diet yang tepat?

Saat ingin menentukan mana cara diet yang tepat, tentu hal ini harus didasari oleh kebutuhan Anda sendiri. Contohnya, apakah Anda saat ini ingin menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kadar kolestrol atau mencegah penuaan. Setelah memastikan tujuan diet yang akan dilakukan, Anda perlu mengecek kondisi berat badan, kadar lemak tubuh, penyakit yang dimiliki, dan pola makan terlebih dahulu. Apabila Anda benar-benar kesulitan dalam memilih mana cara diet yang tepat, sebaiknya konsultasikan ke dokter dan ahli gizi.

Lalu apa saja tanda jika diet sehat kita berhasil?

Jika Anda ingin mengetahui apakah usaha diet Anda berhasil atau tidak Anda bisa melihat tanda-tanda berikut ini. Jika berhasil, maka Anda merasa sudah mampu melakukannya sehari-hari, tidak terasa berat atau terpaksa melakukannya, dapat Anda lakukan jangka panjang, dan tujuan Anda melakukan diet tercapai.

Sedangkan, jika usaha diet Anda gagal maka Anda akan merasa sulit melakukannnya, menjanjikan hasil yang cepat, merasa sulit melakukkan dalam waktu angka panjang dan tidak memberikan hasil sesuai dengan tujuan diet yang Anda harapkan.

Kendati diet merupakan hal sepele dan terlihat sederhana, Anda jangan menyamakan keberhasilan diet yang Anda jalani dengan orang lain. Pasalnya, keberhasilan suatu diet mungkin akan berbeda-beda pada tiap orang

Begini isi piring makan yang sesuai dengan gizi semibang

Jika ingin melakukan diet sehat, kembalilah ke rekomendasi diet gizi seimbang, dengan pembagian porsi Karbohidrat: 50-60 persen, Protein: 15-20 persen dan Lemak: 25-30 persen. Kebutuhan protein juga bisa dihitung berdasarkan berat badan, yaitu 0,8-1,2 gram/ kilogram berat badan per hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *