Terganggu oleh Komedo? Yuk, Cari Tahu Penyebab Komedo Putih di Wajah

Memiliki wajah mulus tanpa komedo adalah dambaan setiap orang. Namun seringkali apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya pada wajah, ketika kita sangat mengharapkan wajah yang mulus dan bersih tanpa masalah, yang terjadi justru sebaliknya. Wajah malah mengalami banyak masalah seperti jerawat, kering, berminyak, dan komedo. Ada dua jenis komedo yang harus kamu ketahui, yang pertama adalah komedo hitam dan yang kedua adalah komedo putih. Mungkin kamu sering dibuat bingung bagaimana sih caranya menghilangkan komedo? Atau kenapa sih wajah kamu selalu dipenuhi dengan komedo? Sampai-sampai kamu mencari tips menghilangkan komedo putih atau hitam di wajah kamu.

Memiliki komedo di wajah memang sangat mengganggu, ya. Terkadang malah dengan banyaknya komedo membuat kamu menjadi tidak percaya diri karena kamu menganggap bahwa komedo sangatlah mengganggu penampilan.

Komedo merupakan masalah di wajah yang disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati di wajah yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih di wajah. Komedo termasuk ke dalam jenis jerawat, namun jerawat yang paling ringan. Biasanya komedo menyerang kamu yang memiliki wajah berminyak. Jenis komedo yang paling sering ditemui adalah komedo putih.

Mungkin kamu penasaran, sebenarnya apa sih penyebab komedo putih di wajah? Penasaran? Langsung saja simak ulasannya berikut ini, yuk.

  1. Pola Hidup Tidak Sehat

Salah satu penyebab komedo putih muncul di wajah kamu adalah karena gaya hidup dan pola hidup kamu yang tidak sehat. Coba deh instrospeksi diri dan lihat bagaimana cara kamu menjalani kehidupan sehari-hari. Pola hidup yang tidak sehat seperti begadang, merokok, meminum alkohol adalah hal yang menyebabkan wajah kamu dipenuhi oleh komedo.

Selain itu, mungkin kamu juga adalah orang yang kurang memerhatikan kebersihan tubuh kamu atau kurang memerhatikan kebersihan dan lingkungan tempat tinggal kamu. Jadi, jika kamu merasa bahwa kamu sudah memakai berbagai produk kecantikan demi menghilangkan komedo, namun komedo kamu tak kunjung hilang, coba deh periksa lagi pola hidup kamu dan perbaikilah. Karena produk kecantikan bukanlah faktor utama.

  1. Salah Memilih Produk Kecantikan

Kasus yang satu ini mungkin lebih sering dilakukan oleh kaum perempuan yang sering memakai makeup setiap harinya. Berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan. Usahakan memilih produk kecantikan yang sesuai dengan wajah kamu. Makeup memang mampu membuat kamu terlihat cantik, namun jangan terlalu sering memakainya, karena makeup dapat menyumbat pori-pori wajah kamu sehingga meninggalkan banyak sel kulit mati, apalagi jika membersihkannya kurang merata. Jangan berlebihan menggunakan makeup. Terlalu sering menggunakan makeup bisa membuat wajah kamu berminyak, lho.

  1. Cuaca

Salah satu faktor penyebab munculnya komedo di wajah adalah cuaca, apalagi kalau kamu pengendara sepeda motor. Faktor polusi udara dan cuaca yang panas akan menghadapkan wajah pada debu dan kotoran yang kemudian menempel di wajah dan menumpuk di pori-pori wajah sehingga menyebabkan munculnya berbagai komedo bahkan jerawat. Kulit wajah yang terpapar langsung oleh sinar matahari memicu munculnya komedo di wajah.

Solusinya adalah siapkan tisu wajah basah untuk membersihkan wajah kamu dari debu dan kotoran. Bawalah sabun muka kemanapun kamu pergi, namun jangan terlalu berlebihan untuk sering mencuci muka.

Nah itu dia penyebab munculnya komedo di wajah kamu. Jika di wajah kamu sekarang sudah banyak komedo, berkonsultasilah dengan dokter untuk menemukan cara menghilangkan komedo di wajah.

 

Nah, itulah penyebab komedo putih pada wajah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *