Ternyata Ini Kandungan Asap Rokok yang Mengerikan

Gaya hidup masyarakat di era modern seperti saat ini kebanyakan juga bergantung pada rokok. Katanya, rokok mampu membantu merilis rasa stres yang ada di pikiran sehingga banyak sekali yang merasa ketergantungan dan sulit lepas dari rokok. Padahal sudah banyak juga yang tahu jika rokok memiliki kandungan yang amat buruk untuk kesehatan dan membahayakan penghisapnya. Belum lagi bahaya asap rokok yang tidak hanya didapat oleh para perokok aktif, namun mereka yang bukan perokok dan menghisap asap dari rokok pun ikut terkena dampaknya.

Untuk bisa mengetahui bahaya dari kandungan rokok, maka Anda perlu mengetahui jika senyawa yang ada di asap rokok berjumlah hingga 7000 senyawa berbeda dan mayoritasnya adalah racun untuk tubuh. Kandungan di dalam rokok yang meracuni tubuh ini memiliki potensi untuk merusak sel tubuh manusia dimana mampu memicu penyakit berbahaya yakni penyakit kanker. Jumlah senyawa dengan sifat karsinogenik ini pun telah mencapai 70 jenis.

Berikut ini beberapa senyawa di dalam rokok yang berbahaya dan perlu Anda ketahui:

  • Karbon monoksida

Salah satu kandungan yang ada di dalam rokok dan merupakan gas yang amat beracun yakni karbon monoksida. Senyawa yang satu ini adalah gas tanpa rasa dan tanpa bau. Akibat dari senyawa tersebut pun tubuh bisa menjadi sulit dalam membedakan oksigen dan karbon monoksida yang berakibat menjadikan sel darah merah terikat dengan karbon monoksida dan bukan dengan oksigen. Jika terjadi demikian, maka fungsi jantung dan otot pun bisa menurun yang menjadikan lemas, pusing hingga kelelahan.

  • Nikotin

Kandungan yang paling kerap disinggung yaitu nikotin. Senyawa yang satu ini adalah jenis senyawa alkaloid dimana efek candunya lebih kuat dibandingkan dengan morfin. Nikotin ini memiliki fungsi untuk perantara di sistem saraf pada otak sehingga bisa mengakibatkan reaksi yang menjadikan hati senang dan tenang untuk para perokoknya. Efek ini pun mengganggu pada para perokok pasif yang menghirup asap dari rokok sehingga membahayakan.

Baca Juga:MENGENAL BAHAYA ASAP ROKOK BAGI PEROKOK PASIF

  • Tar

Kandungan rokok lain yang merupakan bahan karsinogenik kimia adalah tar dimana jika terhirup akan terendap pada paru-paru sebesar 70%. Kanker paru-paru adalah ancaman yang nyata bagi para perokok karena adanya tar ini.

  • Hidrogen sianida

Senyawa racun lain yang membahayakan adalah hidrogen sianida. Beberapa negara dulu pernah memakai senyawa ini dalam hukuman mati untuk para narapidananya. Efek dari adanya senyawa ini mampu menjadikan paru-paru lemah dan mual hingga sakit kepala.

Itu baru 4 senyawa saja yang sudah membahayakan dari asap rokok. Padahal ada ribuan senyawa lainnya di dalam rokok yang bisa menjadikan bahaya besar untuk tubuh namun tetap saja banyak orang yang masih menghisapnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *