Tips Aman Bermain Terjun Payung Bagi Pemula

Bermain terjun payung atau skydiving mungkin jadi pengalaman yang tak terlupakan. Saat ini sudah banyak spot-spot skydiving di beberapa daerah di Indonesia semisal Bali dan Jakarta. Sehingga bagi anda yang ingin mencoba aktivitas yang menantang adrenalin ini tak perlu jauh-jauh pergi keluar Indonesia. Bagi anda yang baru pertama kali melakukan skydiving, tentunya ada rasa takut tersendiri. Tak perlu khawatir, berikut ini 6 tips aman bermain terjun payung yang bisa dilakukan bagi pemula.

Tips Aman Bermain Terjun Payung Bagi Pemula

  • Penuhi Persyaratan Awal

Persyaratan awal yang harus anda penuhi saat ingin bermain skydiving adalah usia dan berat badan. Pastikan jika anda sudah berusia 18 tahun ke atas, umur ini dianggap sudah dewasa dan mampu dalam membuat keputusan untuk diri sendiri.  

Selain itu perhatikan berat badan anda saat itu juga. Biasanya terdapat himbauan jika maksimal berat badan yang diperbolehkan melakukan skydiving adalah 125 kg.  Jika melebihi standar tersebut dikhawatirkan dapat menyulitkan saat membuka parasut.

  • Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Sebelum anda melakukan terjun payung, lakukan cek kesehatan terlebih dahulu. Jika kondisi kesehatan anda sedang lemah, misalnya memiliki gangguan jantung tentunya anda tidak diizinkan untuk mengikuti skydiving karena dapat membahayakan diri sendiri.

Selain itu meskipun anda dalam kondisi sehat sekalipun, usahakan untuk tidur yang cukup, makan makanan yang sehat, olahraga, serta jangan sampai stress ketika sehari sebelum melakukan skydiving. Jangan lupakan sarapan agar tubuh tidak lemas dan fokus tetap terjaga selama menjalani terjun payung.  

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman saat akan melakukan skydiving, jangan terlalu longgar maupun terlalu ketat. Gunakan pula running shoes dengan ukuran yang pas dan jangan lupa kencangkan sehingga tidak terlepas saat melakukan skydiving. Sebaiknya hindari menggunakan aksesoris berlebihan.

  • Dengarkan Perkataan Instruktur

Karena anda masih pemula, tentu saja saat melakukan terjun payung anda akan ditemani oleh instruktur. Untuk itu dengarkan segala perkataan yang dikatakan oleh instruktur. Selain itu tak ada salahnya untuk melakukan percakapan yang dapat membuat diri anda lebih rileks bersama dengan instruktur.

  • Tidak Disarankan untuk Melihat ke Bawah Langsung

Wajar jika anda memiliki rasa ketakutan saat pertama kali melakukan skydiving. Untuk itu akan lebih baik untuk tidak melihat ke bawah sebelum anda meninggalkan pesawat. Hal ini malah membuat anda semakin tidak berani. Saat anda berada di pintu pesawat, anda bisa menatap langit. Dan setelah melompat mungkin barulah anda bisa menyaksikan pemandangan yang ada di bawah.

  • Tetap Enjoy Selama di Udara

Biasanya skydiving hanya memakan waktu selama 1 menit atau bahkan dapat kurang, tergantung dari ketinggian yang dihadapi. Meskipun singkat tetaplah lakukan dengan santai dan jangan tertekan. Nikmati betapa seru dan asyiknya terjun bebas di udara sembari menikmati pemandangan yang indah.

Nah itu tadi beberapa tips aman bagi anda yang baru pertama kali melakukan terjun payung. Meskipun mungkin terasa menakutkan, namun akan menyenangkan seiring dengan berjalannya waktu. Anda hanya perlu menikmatinya dengan santai dan jangan tegang. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *