Tips Ampuh Memancing Ikan Bagi Para Pemula di Kawasan Air Tawar

Pernahkah kalian Memancing? Apa itu memancing? Memancing adalah salah satu kegiatan yang identik dengan kesan kesabaran dan memiliki keunikan  tersendiri. Kali ini kita akan coba berbagi tips menarik berkaitan dengan memancing ikan di kawasan Air Tawar, khususnya sungai dengan aliran dengan arus yang deras. Secara umum, memancing ikan di aliran air yang deras memiliki kesamaan dengan memancng di kolam pemancingan atau dikawasan dengan arus tenang. Untuk itu, mari kita simak beberapa tips menarik diantaranya :

Tips Ampuh Memancing Ikan Bagi Para Pemula di Kawasan Air Tawar

  1. Peralatan Memancing, dalam menyediakan peralatan memancing, anda harus menentukan beberapa hal, terutama memancing di arus yang deras. Ketika lokasi yang menjadi destinasi memancing beraliran derasl, alangkah lebih baiknya anda gunakan joran yang memiliki kelenturan cukup baik. Hal ini dikarenakan kebanyakan ikan di sungai atau aliran deras terdapat jenis yang belum kita ketahui baik dari ukuran maupun kuat tarikannya. Untuk mata kali, lebih baik gunakan ukuran kecil saja, kecuali anda memiliki target tersendiri terhadap ikan besar. Tidak lupa gunakan pemberatan (timah).
  2. Cara dan teknik, terdapat2 teknik ampuh dalam memancing dikawasan air yang deras. Teknik yang pertama adalah dengan cara digantung. Cara ini digunakan untuk memancing ikan yang suka memakan lumut atau sumber makanan yang terdapat di tepian batu. Untuk teknik kedua yaitu teknik Lempar jauh, teknik dengan cara melemparkan kail jauh ke sungai yang berarus deras. Tidak lupa untuk mengenakan timah yang berukuran besar dan berat agar tidak terbawa oleh aliran sungai. Kedua teknik ini digunakan agar pemancing dapat lebih meningkatkan tangkapan ikan di sungai. Namun, tidak ada salahnya anda memiliki teknik lain yang lebih menggambarkan karakter anda dalam memancing.
  3. Mempersiapkan Umpan, dalam memancing di kawasan air tawar harus menggunakan umpan seperti cacing, kroto, pellet, dan lain-lainnya disesuaikan dengan ikan target. Namun saat ini sudah banyak orang membuat ramuan umpan sendiri dirumah. Hal ini dilakukan karena buruan ikan mereka lebih suka ramuan umpan. Beberapa hal perlu dalam membuat ramuan umpan yaitu jagung, telur bebek.
  4. Jenis Ikan, di kawansan air tawar terdapat beberapa ikan khas dari daerah tersebut. Jenis ikan yang sering dijadikan bahan buruan Yaitu Ikan Patin, Ikan mas dan lain-lainnya. salah satu contohnya ikan Patin, ikan ini memang banyak sekali peminatnya dikalangan pemancing. Hal ini terkadang menjadi pertimbangan dalam memancing. Karena jumlah yang terdapat disungai sudah mulai menipis.

Demikian tadi beberapa teknik dalam memancing ikan di kawasan aliran deras. Semoga bermanfaat bagi kalian para pemburu ikan air tawar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *