Tips Berhemat Kuota Internet Bulanan Agar Kantong Tidak Jebol

Internet agaknya sudah menjadi bagian terpenting bagi masyarakat di era teknologi seperti sekarang ini, bukan tanpa alasan, karena komunikasi bahkan akses informasi bisa dilakukan secara lebih mudah dengan mengandalkan adanya internet. Bahkan banyak orang yang bisa menghasilkan pemasukan tambahan dengan adanya internet ini. Namun sejalan dengan hal tersebut tidak memungkiri bahwa ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan karena kebiasaan internetan tersebut. Namun jangan khawatir berikut ini ada beberapa tips berhemat kuota internet yang bisa Anda coba, agar pengeluaran tidak membengkak, diantaranya adalah:

 Tips Berhemat Kuota Internet Bulanan Agar Kantong Tidak Jebol

  1. Hanya menyalakan beberapa aplikasi yang dibutuhkan untuk internet saja, Anda bisa mengatur mode off untuk beberapa aplikasi yang agaknya tidak begitu dibutuhkan untuk internetan. Hal ini tentunya bisa menekan biaya penggunaan data, karena tidak semuanya tersambung secara otomatis setelah jaringan data diaktifkan.
  2. Pakailah browser yang hemat kuota data, tips berhemat paket internet yang lainnya adalah dengan memilah-milih browser untuk akses internet, semakin kesini ada semakin banyak browser yang bisa menemani aktivitas internetan Anda, meskipun banyak diantaranya yang tawarkan fiture lebih, namun belum tentu dengan biaya untuk aksesnya. Ada yang perhitungannya selama digunakan untuk membuka website atau situs tertentu, namun ada yang dihitung selama browser tersebut dalam keadaan terbuka, bahkan tanpa digunakan.
  3. Atur pemakaian data untuk setiap aplikasi, Anda juga dapat menerapkan prinsip yang satu ini, yaitu dengan cara membatasi pemakaian data setiap aplikasi, misalnya kebutuhan terbanyak ada pada aplikasi Youtube, maka atur pemakaian datanya lebih tinggi untuk aplikasi tersebut, sedangkan untuk yang jarang diakses sebaiknya kurangi jumlah pemakaian datanya,
  4. Matikan autosinkronisasi, ini merupakan fiture yang dipakai untuk memperbaharui secara otomatis beberapa aplikasi, memungkinkan semuanya menyala dan nantinya berbagai macam notifikasi akan langsung masuk ke ponsel Anda. Hendaknya matikan fiture yang satu ini jika tak ingin kuota internet banyak tersedot.
  5. Matikan akses internet atau data ketika tidak dibutuhkan, contohnya adalah di malam hari saat Anda tidur, dibandingkan membiarkannya menyala dan banyak aplikasi yang bekerja, tentunya akan semakin membuat akses internet jadi semakin boros, untuk itu lebih aman dengan mematikan datanya. Selain itu tidur juga jadi lebih nyenyak.
  6. Manfaatkan fiture airplane mode, fiture ini tak hanya bisa digunakan saat tengah naik pesawat saja, melainkan juga sehari-hari untuk membuat ponsel lebih tenang tanpa takut kuota habis tersedot.
  7. Sebaiknya hapus aplikasi yang memakan banyak kuota internet Anda, khususnya yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Simak juga beberapa info mengenai dunia internet hanya di www.aktivitasrutin.com

Tips berhemat kuota internet tersebut bisa Anda coba agar pengeluaran tak semakin membengkak, mudah dan juga sangat efektif untuk hemat pulsa bulanan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *