Tips dan Panduan Senam Zumba untuk Pemula

Olahraga adalah aktivitas rutin yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan sendiri atau bersama-sama. Mulai dari lari, futsal, yoga, hingga jenis senam fitness terbaru bernama senam zumba. Olahraga yang berasal dari Kolombia ini kian popular di antara wanita Indonesia. Senam ini sebenarnya adalah semacam senam dengan iringan lagu-lagu terkini yang berakar dari tradisi latin.Hanya saja, gerakannya juga melibatkan gerakan fitness untuk mengencangkan otot dan membuat bentuk tubuh menjadi indah.

Tips dan Panduan Senam Zumba untuk Pemula

Untuk bisa melakukan olahraga senam zumba, kamu tidak harus selalu mengikuti kelas di berbagai lembaga atau sanggar senam. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan cara menggunakan lagu-lagu koleksi di mp3 player.

Meski dapat dilakukan oleh sebagian besar orang dari berbagai usia dan tingkat kebugaran tubuh, namun seperti olahraga lain, senam zumba memiliki resiko cedera tubuh yang akan terjadi. Untuk meminimalisasi cedera, senam ini  harus dilakukan dengan tahapan dan cara yang tepat. Berikut ini beberapa tips panduan yang dapat diikuti oleh pemula untuk memulai senam zumba:

  • Konsultasi Kepada Dokter

Sebelum mulai melakukan Zumba, disarankan untuk melakukan kosultasi kepada dokter, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu. Senam ini juga tidak disarankan dilakukan oleh ibu hamil, karena banyak melibatkan gerakan melompat.

  • Cari Instruktur Senam yang Berpengalaman

Ada baiknya untuk mengikuti kelas Zumba, Anda mencari instruktur yang telah bersertifikasi atau berpengalaman. Dengan bimbingin instruktur senam yang baik, maka Anda akan mendapatkan tutorial yang benar dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Lakukan Pemanasan

Melakukan pemanasan sebelum olahraga sangatlah penting. Hal ini dikarenakan saat melakukan olahraga, baik berat atau ringan otot memerlukan penyesuaian. Selain itu dengan melakukan pemanasan akan lebih mengurangi resiko cedera ketika sedang berolahraga.

Baca Juga:BERITA OLAHRAGA: MENGENAL JENIS OLAHRAGA YANG TEPAT BAGI WANITA

  • Pakailah Pakaian yang Nyaman

Dengan banyaknya melibatkan gerakan dalam olahraga ini, maka disarankan untuk memakai pakaian dan sepatu yang nyaman untuk bergerak. Hal ini bertujuan untuk lebih memudahkan anda dalam melakukan gerakan-gerakan senam zumba.

  • Perhatikan Asupan Air Minum

Dengan banyaknya gerakan tubuh yang dilakukan, maka cairan dalam tubuh kita akan berkurang. Untuk menghindari dehidrasi, disarankan untuk mengonsumsi air saat jeda.

  • Hindari Mengenakan Perhiasan

Untuk mencegah risiko jatuh, tersangkut, atau tergores. Disarankan untuk tidak menggunakan perhiasan ketika melakukan gerakan-gerakan senam.

Untuk Anda yang belum terbiasa melakukan aktivitas olahraga dengan intensitas yang tinggi atau olahraga berat. Senam zumba dapat menjadi pilihan bagi Anda yang enggan melakukan olahraga individual atau olah tubuh yang terlalu serius. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *