Tips Kredit HP Agar Tidak Menyesal

Handphone atau ponsel sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok generasi millenial. Hampir semua orang di perkotaan kini memiliki ponsel sebagai gawai untuk menunjang aktivitas komunikasi sehari-hari. Ponsel pintar (smartphone) juga bukan gawai asing lagi bagi kita. Perkembangannya yang cepat membuat orang selalu ingin meng-update ke versi yang lebih canggih. Namun, begitu, harga yang harus dibayar bukan berarti murah. Smartphone dengan fitur lengkap biasanya di banderol dengan harga yang cukup mahal. Kredit pun menjadi pilihan banyak orang. Berikut ini adalah tips kredit Hp agar nantinya tidak menyesal.

Tips Kredit HP Agar Tidak Menyesal

Mengetahui Keunggulan Hp

Sebelum memutuskan untuk kredit Hp, ada baiknya Anda mencari tahu apa saja keunggulan dari Hp yang Anda inginkan. Spesifikasi perlu untuk dipertimbangkan misalnya sistem operasi terbaru untuk men-download aplikasi, kamera dengan hasil foto terbaik, hingga kapasitas baterai yang tahan lama. Anda bisa mencari tahu melalui review yang biasanya ada di internet ataupun kepada saudara Anda yang lebih tahu mengenai spesifikasi Hp tersebut.

Menyesuaikan Harga Hp dengan Kemampuan

Meskipun dengan melakukan kredit Hp kita tidak harus membayar secara full di awal, pastikan Anda sanggup untuk melakukan angsuran setiap bulannya. Semakin mahal harga suatu Hp, maka angsurannya pun juga semakin besar. Belum lagi Anda juga harus memperhitungkan bunganya. Pastikan tagihan tersebut tidak memberatkan pengeluaran Anda dalam sebulan.

Membandingkan dengan Toko Lain

Tidak semua toko menawarkan Hp dengan harga yang sama. Bahkan diantaranya ada yang benar-benar selisih banyak. Ini tentu menguntungkan Anda. Anda bisa membandingkan mana yang lebih terjangkau. Tidak ada salahnya untuk mengecek toko online yang sekarang ini menjamur di pasaran.

Tenor Cicilan

Jangka waktu kredit atau yang sering disebut tenor ini akan menentukan berapa lama Anda harus membayar angsuran kredit. Sebaiknya Anda bijak dalam memilih tenor ini dengan menyesuaikan dengan kemampuan. Nantinya Anda akan mendapatkan gambaran dengan mengecek simulasi cicilan terlebih dahulu. Semakin singkat tenor yang dipilih, maka biasanya akan semakin besar jumlah tagihan yang harus dibayar per bulannya.

Mengecek Limit Kredit

Sebelum memutuskan mengkredit, pastikan cek terlebih dahulu limit kredit Anda. Limit kartu kredit Anda mungkin berbeda dengan pengguna lain. Maka jangan sampai Anda sudah memilih Hp yang ingin dibeli namun limit kredit tidak mencukupi Jika sudah begini, pengajuan kredit otomatis akan langsung ditolak.

Pembayaran Tepat Waktu

Setelah serangkaian pertimbangan sudah dilakukan, dan Anda sudah menerima Hp yang diinginkan, jangan lupa untuk selalu membayar tagihan tepat pada waktunya. Keterlambatan dalam pembayaran ini biasanya akan dikenai denda. Nominalnya berbeda-beda sesuai dengan ketentuan pemberi pinjaman. Pastikan Anda tidak terlambat, karena hal ini justru akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Inilah pentingnya untuk memilih tenor dan jumlah angsuran yang terjangkau, yakni agar Anda tidak terlalu dibebani dengan angsuran yang besar.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *