Tips Liburan Ala Backpacker serta Referensi Tempat yang Sayang Dilewatkan

Belakangan istilah backpacker menjadi primadona di kalangan traveler. Backpacker ditujukan pada wisatawan yang menggunakan tas belakang (backpack) tanpa koper atau barang-barang berat lainnya. Jadi, di dalam tas belakang tersebut, sejumlah barang yang dianggap penting saja yang dibawa. Biasanya, para backpacker ini berjalan ke seluruh tempat wisata dengan dana yang tidak begitu besar.

Tips Liburan Ala Backpacker serta Referensi Tempat yang Sayang Dilewatkan

Namun, perjalanannya cukup panjang, dari satu kota ke kota lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan rencana yang matang agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia maka Anda perlu memerhatikan tips penting berikut ini:

Pandai Mengatur Keuangan

Dengan uang yang terbatas, para backpacker juga dituntut dapat melakukan manajemen pengeluaran dengan baik. Sebab, bisa-bisa ia tidak pulang ke rumah bila pengeluaran tidak diatur dengan benar. Jadi, tips yang harus backpacker bisa lakukan adalah pandai mengatur pengeluaran, melihat pemandangan baru, pengalaman baru serta menambah teman.

Rencanakan Destinasi Tujuan

Ingin tempat yang pas untuk menjadi destinasi wisata backpacker? Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi seperti tempat outbound, pemandangan alam, dan sebagainya. Anda bisa mencoba berkunjung ke kawasan Bogor untuk menikmati outbound di Taman Riung Gunung di Puncak atau bisa mencoba olahraga ekstrem Paralayang, di Gunung Banyak Malang.

Namun sebelum berangkat, tips perlu dilakukan survei terlebih dulu bagaimana lokasi yang akan dituju termasuk penginapan dan rumah makan. Berikut beberapa referensi tempat liburan yang tepat untuk backpacker:

Tana Toraja

Salah satu tempat yang terkenal di Sulawesi Selatan adalah Tana Toraja. Kabupaten satu ini menjadi tempat yang begitu memukau karena daya tarik budayanya yang masih terjaga asri. Daya tarik pertama tentunya dari Rumah Tongkonan khas Tana Toraja yang bisa Anda coba saksikan. Salah satu Tongkonan yang ternama adalah Buntu Kalando yang merupakan tempat Raja Sanggala era kerajaan Sangalla silam. 

Banyuwangi

Kota yang musti dikunjungi selanjutnya adalah Banyuwangi, yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Sebagai kota yang berada di ujung timur pulau Jawa, dari pantai Banyuwangi, terlihat jelas Pulau Bali. Ada berbagai spot yang musti Anda datangi bila berkesempatan ke Banyuwangi. 

Tempat pertama adalah Jawatan Benculuk, yang merupakan area resapan air namun memiliki pemandangan yang eksotis. Beberapa pengunjung mengatakan bahwa tempat ini mirip seperti setting film Lord of the Rings

Yogyakarta

Tempat yang paling sering dituju backpacker adalah Yogyakarta. Kota yang penuh sejarah, budaya yang kental serta keramahan penduduknya ini bisa menjadi destinasi yang tak terlupakan. Beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi seperti Bukit Klumprit, yang merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunset emas dari Candi Prambanan.

Medan

Selanjutnya, kota yang bisa menjadi destinasi wisata Anda adalah Medan. Kota yang terletak di Sumatera dan ibukota Provinsi Sumatera utara ini adalah kota terbesar di luar Pulau Jawa. Kota terbesar di Pulau Sumatera ini bisa dikunjungi lewat Bandara Internasional Kuala Namu atau lewat Pelabuhan Belawan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *