Tips Liburan Menyenangkan Ala Maldives

Salah satu negara tujuan wisata yang menjadi primadona akan keindahan lautnya adalah Maldives. Terletak di Samudera Hindia dengan 1,100 pulau serta atol-atol (pulau karang berbentuk lingkaran) yang sangat menawan. Maldives juga dikenal dengan nama Maladewa ini menawarkan beragam kesenangan bagi wisatawan yang ingin merasakan “surge dunia”. Tak heran, banyak wisatawan ingin mengunjungi negara ini meski hanya sekali dalam seumur hidup. Jika Anda juga berencana untuk berkunjung, sebaiknya tahu tips liburan yang bisa digunakan sebagai paduan perjalanan Anda.

Tips Liburan Menyenangkan Ala Maldives

Pulau-pulau yang wajib dikunjungi

Maldives memiliki lebih dari 200 pulau yang berpenghuni, sedangkan sisanya adalah pulau kosong yang masih terjaga kondisi alamnya. Beberapa pulau yang wajib Anda masukkan dalam list liburan Anda adalah:

  1. Pulau Biyadhoo. Pulau ini terletak di South Male Atol dan memiliki luas 10 hektar, serta berjarak 18 mil dari Bandara Internasional Velana. Pulau ini dijuluki sebagai “The Scuba Diving” karena memiliki 35 titil penyelaman yang eksotis.
  2. Banan Reef. Di atoll yang satu ini, Anda akan menemukan ikan-ikan predator, seperti barakuda, hiu, moral eel (belut moral), trevally, black snapper, dan napoleon. Pulau ini juga terkenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia, dan merupakan kawasan yang dilindungi.
  3. Pulau Male. Pulau yang terletak di ibu kota Maldives ini menjadi tempat wisata utama yang bisa Anda kunjungi. Anda akan menemui Pasar Ikan Male, Dive Club Maldives, Masjid Grand Friday, dan Underwater Scooters.

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Maldives termasuk dalam kawasan negara dengan iklim tropis, sehingga memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Pada saat musim kemarau, di Maldives masih dijumpai sedikit curah hujan, warna airnya biru jernih dan kelembaban udara rendah. Sedangkan pada musim hujan, curah hujan dan anginya lebih intens dan kelembaban udara tinggi. Dengan demikian, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada musim kemarau atau sekitar bulan November hingga April.

Membawa mata uang lokal secukupnya

Sebagai tips liburan saat belanja, mata uang negara Maldives adalah Maldivian Rufiyaa (MVR). Mata uang ini biasa digunakan untuk membayar kapal feri dan makanan di restoran lokal. Sedangkan di beberapa lokasi, hotel dan restoran eksklusif banyak pula yang hanya menerima dollar sebagai mata uang pembayaran. Akses money changer yang sangat jarang memaksa Anda harus menyiapkan kedua mata uang ini jauh-jauh sebelum berangkat dengan rencana liburan yang sudah disusun rapi.

Penginapan murah

Tips liburan berikutnya adalah dalam menentukan lokasi penginapan selama masa liburan di Maldives. Jika Anda mencari penginapan murah namun bukan guest house, Hotel Budget adalah solusinya. Di Pulau Male, Maafushi, dan Hulhumale terdapat banyak pilihan hotel budget dengan harga sea kamar yang cukup terjangkau. Ada fasilitas TV, AC, WiFi hingga boat antar jemput yang sudah disediakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *