Tips Memilih Makanan untuk Bantu Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan di dalam tubuh manusia, tentu menjadi hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidupnya. Apalagi jika sistem pencernaannya tidak lancar, tentu akan menjadi beban pikiran. Anda harus mencari berbagai macam cara untuk kembali melancarkan pencernaan Anda.

Tips Memilih Makanan untuk Bantu Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan yang tidak lancar, akan membuat sisa makanan yang ada tidak langsung dikeluarkan, bahkan bisa jadi terus menumpuk di dalam tubuh dan akhirnya bisa menimbulkan penyakit yang serius nantinya. Tentunya, Anda harus mengubah pola makan Anda ke pola yang lebih baik, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bagus dan bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Untuk itu, berikut adalah ulasan mengenai pola makan dan beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi agar bisa membantu pencernaan Anda lebih lancar lagi.

Apel dan Lemon

Jika pencernaan Anda sedikit terganggu, Anda bisa mengonsumsi buah apel. Mengandung vitamin A, C, folat, kalium dan mineral yang bagus untuk melancarkan pencernaan, apalagi jika gangguan yang dialami adalah susahnya buang air besar. Apel juga mengandung pectin yang bisa menambah jumlah bakteri baik sehingga sisa makanan di dalam tubuh bisa segera diubah menjadi feces dan langsung dikeluarkan menjadi kotoran dengan lancar. Selain apel, lemon juga bagus karena sama memiliki vitamin C yang bisa mempercepat pembentukan feces.

Alpukat dan Pisang

Karena mengandung lemak tunggal yang bukan hanya bagus untuk proses diet, alpukat pun memiliki kandungan serat yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain alpukat, pisang juga baik untuk membantu kelancaran pencernaan karena sama-sama memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa merangsang usus berkontraksi dan terpacu untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang sudah tidak berguna untuk tubuh.

Asparagus dan Bayam

Sering disapa juga dengan nama rebung yang memiliki kandungan prebiotik tinggi. Prebiotik ini juga banyak memiliki kandungan serat yang jumlahnya sampai dua kali lipat. Ini akan membantu buang air besar Anda jadi lebih lancar. Meskipun rasanya hambar dan sedikit masam, namun asparagus ini enak untuk diolah jadi masakan.

Sama seperti asparagus, sayuran yang dikenal dengan nama bayam ini juga memiliki kandungan serat. Ditambah dengan mineral dan magnesium yang akan membuat usus lebih aktif dan produktif untuk mengolah dan membuang sisa-sisa makanan.

Air Kelapa dan Teh Jahe

Selain untuk meredakan dahaga, air kelapa bagus untuk memperlancar pencernaan Anda karena mengandung elektrolit alami yang bisa berubah jadi zat pelancar susah buah air besar atau sembelit. Anda juga bisa menggunakan teh jahe untuk membantu proses kelancaran buang air besar Anda karena bisa merangsang usus untuk lebih cepat mengelola makanan.

Minum Air Putih yang Cukup

Selain beberapa makanan di atas, tentunya Anda perlu untuk minum air putih yang cukup. Sebab air putih ini sangat bagus untuk melancarkan pencernaan dan membantu buang air besar Anda jadi lebih baik. Air putih juga sangat bagus untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *